×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini Dia 5 Tradisi Hari Ibu di Berbagai Negara

View Image

0

BRILIO » Discover

Ini Dia 5 Tradisi Hari Ibu di Berbagai Negara

Hari Ibu

Masing-masing negara memiliki latar belakang tersendiri dalam perayaan Hari Ibu

(brl/red)

22 / 12 / 2017

Writen by : Famous.id

Ini Dia 5 Tradisi Hari Ibu di Berbagai Negara Hari Ibu

FAMOUS.ID - Ibu adalah seseorang yang memiliki arti sangat istimewa di kehidupan setiap orang. Jasa-jasa ibu sejak mereka mengandung, melahirkan, hingga merawat anak-anaknya hingga dewasa tidak bisa digantikan oleh apa pun. Demikian hari ibu dirayakan sebagai salah satu bentuk apresiasi untuk para ibu di seluruh dunia. Namun, ternyata di setiap negara punya tradisi yang berbeda. Mulai dari tanggal perayaannya hingga tradisi yang dilakukan. Berikut ini tradisi-tradisi hari Ibu yang dilakukan di 5 negara:

1. Inggris

Di Inggris hari Ibu dirayakan setiap hari Minggu, tiga Minggu sebelum Paskah. Perayaan Hari Ibu ini disebut sebagai Mothering Sunday. Hal yang spesial di dalam perayaan Mothering Sunday di Inggris ini adalah waktunya semua orang mengunjungi Ibunya. Biasanya para Ibu akan mendapatkan kartu ucapan dan juga berbagai hadiah mulai dari yang sederhana seperti bunga, cokelat dan permen sampai yang mewah seperti berlian dan perhiasan. Di hari ibu ini biasanya kafe, hotel, dan tempat umum lainnya penuh dipesan karena kesempatan tersebut digunakan oleh semua orang untuk mentraktir Ibu mereka dan memanjakannya dengan berbagai pelayanan yang membuat Ibu mereka senang sepanjang Hari Ibu.

2. Jepang

Di negara yang khas dengan bunga Sakura ini hari Ibu dirayakan setiap hari Minggu kedua di bulan Mei seperti yang juga dirayakan di Amerika Serikat. Namun, sebelumnya Hari Ibu di Jepang dirayakan pada tanggal 6 maret sebagai bentuk penghormatan kepada Putri mahkota Kojun, ibu dari Kaisar Akihito. Pada saat hari Ibu di Jepang, bunga Anyelir menjadi bunga yang paling dicari karena bunga ini adalah simbol kemurnian di Jepang. Tamagoyaki dan Chawanmushi menjadi dua makanan yang khas dalam perayaan hari Ibu di Jepang.

3. India

Di India ada beberapa perayaan Hari Ibu yang berlangsung setiap tahunnya. Namun, salah satunya yang paling khas adalah festivan yang dilakukan selama 10 hari di bulan Oktober. Perayaan ini disebut juga sebagai Pujha Durga. Pujha Durga merupakan tradisi umat Hindu, sebagai penghormatan kepada Dewi Durga yang dianggap sebagai Ibu alam semesta. Bukan hanya hadiah yang diberikan kepada para Ibu dalam perayaan ini tetapi juga pelayanan yang sang anak lakukan untuk Ibunya. Selama perayaan ini anak akan menggantikan tugas Ibu sehingga sang Ibu bisa santai di rumah.

4. Thailand

Di Thailand perayaan Hari Ibu diselenggarakan setiap tanggal 12 Agustus di setiap tahunnya. Tanggal ini merupakan bentuk penghormatan kepada keluarga kerajaan. Perayaan hari Ibu di Thailand biasanya diadakan parade dan pagelaran konser. Di hari perayaan tersebut juga diawali dengan pemberian sedekah kepada rahib atau biarawan. Bunga yang menjadi khas di perayaan hari Ibu di Thailand adalah bunga melati sebagai simbol kesucian kasih ibu.

5. Indonesia

Perayaan Hari Ibu di Indonesia dirayakan setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Pada awalnya Hari Ibu ini dideklarasikan pertama kali saat Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Deseber 1928 di Yogyakarta. Lalu pada tahun 1959 tanggal ini diresmikan sebagai Hari Ibu Nasional oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden no 316 tahun 1959. Penetapan hari ibu di Indonesia ini merupakan bentuk penghargaan perjuangan kaum perempuan di Indonesia. Perayaan yang dilakukan pada hari Ibu nasional biasanya dengan pemberian hadiah dalam bentuk bunga atau hadiah apa pun kepada para Ibu.

Demikian lima tradisi Hari Ibu di 5 negara. Tapi, sesungguhnya untuk mengapresiasi jasa Ibu dalam hidup kita, tidak perlu menunggu hari Ibu tiba, Famous People. Ekspresikanlah rasa sayangmu kepada Ibu setiap hari dan setiap waktu seperti perhatian dan kasih sayang yang Ibu kalian berikan tanpa mengenal waktu dan keadaan apa pun. Selamat Hari Ibu! (vrc)

Baca Juga:

Loading...

TEBAK QUIZ BERHADIAH EDISI IMLEK 2020

Yuk ikuti quiz berhadiah dan dapatkan Voucher PIZZA E BIRRA dengan total hadiah jutaan rupiah untuk 10 orang pemenang







Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Viral Now
Loading...

MORE
Wave more