×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini Alasan Kenapa 'Sistem Kebut Semalam' Menjadi Favorit Para Pelajar

View Image

0

BRILIO » Discover

Ini Alasan Kenapa 'Sistem Kebut Semalam' Menjadi Favorit Para Pelajar

Sistem Kebut Semalam

Channel Kok Bisa menjelaskan fenomena sistem kebut semalam dari sisi ilmiah

(brl/red)

03 / 05 / 2017

Writen by : Famous.id

Sistem Kebut Semalam

FAMOUS.ID - Musim ujian untuk para pelajar sudah tiba. Untuk mencapai hasil yang memuaskan, banyak cara yang digunakan oleh para pelajar, mulai dari mengulang pelajaran setiap malam, mengambil pelajaran tambahan, ataupun belajar kelompok bersama teman. Tetapi terdapat satu cara belajar yang menjadi favorit kebanyakan pelajar Indonesia, yaitu dengan belajar semalam sebelum ujian yang populer dengan istilah SKS atau Sistem Kebut Semalam. Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional, fenomena ini dibahas oleh channel Kok Bisa dalam video terbarunya.

Kok Bisa? Kok Bisa? Youtube Channel

Dalam video tersebut, Kok Bisa membahas dan menjelaskan fenomena sistem kebut semalam tersebut dari sisi ilmiah. Channel pendidikan yang sudah memiliki hampir 500 ribu subscribers ini menjelaskan bahwa procrastinating atau kebiasaan menunda-nunda menjadi faktor utama penyebab para pelajar melakukan sistem kebut semalam. Biasanya para pelajar menunggu pada saat terakhir untuk belajar dan menghapalkan materi yang akan muncul di waktu ujian. Selain itu, para pelaku sistem kebut semalam juga merasa sistem belajar tersebut dapat memunculkan adrenaline rush yang dipercaya dapat meningkatkan kemampuan seseorang saat terdesak sehingga materi pelajaran dapat masuk dengan cepat ke dalam otak.

Kok Bisa? Kok Bisa? Youtube Channel

Penjelasan diatas tidak sepenuhnya salah, tetapi sistem kebut semalam tentu memiliki dampak negatif pada para siswa. Biasanya para pelajar yang melakukan cara belajar ini seringkali melakukan begadang untuk belajar. Hal ini tentu menyebabkan kurang tidur yang berdampak buruk pada kesehatan siswa. Ketika hari ujian juga otak siswa akan merasa kelelahan dan sulit untuk berkonsentrasi ketika ujian.

Kok Bisa? Kok Bisa? Youtube Channel

Terlepas dari pengaruh sistem kebut semalam terhadap kesehatan, fenomena ini juga dipengaruhi oleh sistem pendidikan Indonesia yang masih menilai kepintaran seseorang dari hasil akhir pada nilai ujian. Hal ini membuat para pelajar merasa hanya perlu belajar ketika menjelang ujian dan memilih melakukan sistem kebut semalam sebagai jalan keluarnya.

Nah bagaimana menurut kamu soal sistem kebut semalam Famous People? Tulis di kolom komentar ya! Tonton juga video dari Kok Bisa untuk mendengar penjelasan yang lebih lengkapnya! (nfl)





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Inspiratif Video Pengetahuan Kok Bisa
Loading...

MORE
Wave more