×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hubungan Wortel dan Kesehatan Mata Secara Ilmiah

View Image

0

BRILIO » Discover

Hubungan Wortel dan Kesehatan Mata Secara Ilmiah

Kok Bisa?

Apakah benar kalau makan banyak wortel akan membuat mata menjadi sehat?

(brl/red)

22 / 02 / 2017

Writen by : Famous.id

Kok Bisa?

FAMOUS.ID - Pada waktu kecil, mungkin kamu suka membaca buku cerita yang menceritakan bahwa kelinci mempunyai penglihatan yang bagus karena mereka suka makan wortel. Hal ini pun banyak dianjurkan oleh para orang tua kepada anak-anaknya untuk memakan wortel agar matanya sehat.

Kok Bisa? Kok Bisa?

Lalu, apakah hal tersebut memang benar? Apakah ada hubungan yang ilmiah antara wortel dan juga kesehatan mata?

Ternyata, memakan wortel memang berpengaruh dengan kesehatan mata, namun caranya bukan seperti apa yang kita bayangkan. Karena zat yang ada pada wortel bukan lah vitamin A, melainkan pro vitamin A yang bisa ditemukan dalam bentuk karotenoid yang terdiri dari beberapa zat.

Di dalam tubuh kamu nantinya zat-zat tersebut akan dipecah dan diolah yang nantinya akan menjadi vitamin A.  Lalu, apa hubungannya antara mata dan vitamin A?

Kok Bisa? Kok Bisa?

Mata memiliki dua sel, yaitu sel kerucut dan juga sel batang. Sel kerucut memiliki tugas untuk menangkap cahaya pada saat kondisi terang dan sel batang memiliki tugas menangkap cahaya pada saat kondisi cahaya remang-remang. Sel-sel tersebutlah yang mengubah cahaya menjadi gelombang yang bisa dibaca oleh otak.

Nah, sebelum mencapai otak, gelombang dari sel kerucut dan juga sel batang terlebih dahulu melewati rhodopsin dan juga sel-sel pendukung dari vitamin A sebelum mencapai ke saraf otak. Jadinya, vitamin A sangat berpengaruh ke kesehatan mata kita dikarenakan menjadi sel terkahir yang menerima gelombang cahaya sebelum sampai ke otak.

Kok Bisa? Kok Bisa?

Jadi, vitamin A itu benar-benar berpengaruh dengan kesehatan mata kita. Bagi kamu yang ingin memiliki penglihatan yang baik dan menjaga kesehatan mata, ada baiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A, seperti wortel, daging sapi, hati ayam, ikan, susu, dan keju.

Untuk tahu tentang informasi ini lebih jelas, yuk langsung aja tonton video dari Kok Bisa? Berikut ini. (drp)

Video Discover Keren Lainnya:

Loading...





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Kok Bisa
Loading...

MORE
Wave more