×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cuma di Indonesia, 5 Hal Ini Membuat Kamu Enteng Jodoh! Mitos Atau Fakta?

View Image

0

BRILIO » Discover

Cuma di Indonesia, 5 Hal Ini Membuat Kamu Enteng Jodoh! Mitos Atau Fakta?

Cuma di Indonesia, 5 Hal Ini Membuat Kamu Enteng Jodoh! Mitos Atau Fakta?

Mana dari lima hal ini yang pernah kamu dengar?

(brl/red)

27 / 10 / 2017

Writen by : Famous.id

Cuma di Indonesia, 5 Hal Ini Membuat Kamu Enteng Jodoh! Mitos Atau Fakta? Cuma di Indonesia, 5 Hal Ini Membuat Kamu Enteng Jodoh! Mitos Atau Fakta?

FAMOUS.ID - Bosen kelamaan jadi jones alias jomblo ngenes? Situasi seperti itu memang bikin galau sampai-sampai hilang akal sehat. Bahkan ada juga yang sampai stres karena memikirkan jodoh yang nggak kunjung datang. Di Indonesia sendiri, ada banyak mitos yang berhubungan soal jodoh. Tak terkecuali sejumlah mitos atau ritual tertentu yang katanya bikin enteng jodoh. Bahkan mitos-mitos enteng jodoh ini tersebar di sejumlah wilayah Indonesia. Mungkin kamu pernah juga mendengarnya. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1. Ritual Mandi Air Siraman Bekas Pengantin

1 © wikimedia

Ritual mandi yang dimaksud di sini bukan mandi biasa di dalam kamar mandi dengan air pancuran. Tapi dengan menggunakan air bekas siraman pengantin. Jadi mitosnya agar enteng jodoh, yang perlu dilakukan adalah membasuh wajah dengan air siraman bekas pengantin. Tak perlu mengguyur seluruh tubuh, cukup wajahnya saja.Tapi ini cuma mitos belaka. Kebenarannya jelas masih diragukan. Hanya saja kalau dilihat dari sisi positifnya jelas wajah akan terlihat lebih bersih dan berseri kalau sudah dibasuh dengan air. Yang lantas kemudian membuat kita terlihat makin menarik. Kalau sudah begini, jodoh jadi gampang mendekat, ya nggak sih?

2. Mencuri Melati di Sanggul Pengantin Wanita

2 ©weddingku

Pernah dengar nggak katanya kalau mencuri bunga melati di sanggul pengantin wanita, kamu bakal enteng jodoh? Sementara kalau wanita ingin enteng jodoh yang harus ia lakukan adalah mencuri bunga melati di keris pengantin pria. Well, mitos ini memang umumnya ada di Jawa. Jadi kalau adat pernikahannya bukan adat Jawa, kayaknya memang susah, ya. Nggak heran kalau biasanya banyak tamu yang semangat minta foto bersama karena punya niat diam-diam ingin mencuri bunga melati mempelai. Kamu pernah coba? Eh, tapi agak bikin ketar-ketir ya karena kalau tak hati-hati, sanggul atau keris bisa copot kalau kita terlalu semangat mencuri bunga melatinya.

3. Meminum Air yang Keluar dari Mata Air Gua Gunung Putri, Cililin Bandung Barat

3 © flickr

Konon katanya kalau meminum air yang keluar dari mata air Gunung Putri yang berlokasi di Cililin, Bandung Barat, kamu bakal enteng jodoh. Di kalangan masyarakat sendiri, mitos ini sangat populer. Kalau memang tak mau meminumnya, mebasuh wajah dengan air dari mata airnya saja katanya sudah cukup membuatmu bisa cepat dapat jodoh. Selain mitos tersebut, ada juga kisah yang sangat melegenda di sana. Yaitu kisah seorang pangeran bernama Pangeran Asep Roke yang batal melamar seorang putri jelita hanya karena ia kesiangan. Padahal saat itu semua persiapan sudah rampung termasuk mahar atau mas kawin dan seserahan. Pangeran pun menanggung malu dan dipermalukan di depan warga.

4. Memegang Belut Raksasa di Kolam Mata Air Negeri Waai

4 © good news indonesia

Di kalangan masyarakat Ambon, Maluku Tengah ada mitos yang menyebutkan bahwa barang siap yang berhasil memegang belut raksasa di kolam mata air Negeri Waai maka ia akan enteng jodoh. Belut raksasa ini memang berukuran di luar batas normal atau wajar seperti yang sering kita lihat. Ukurannya saja bisa sebesar paha anak-anak. Butuh perjuangan nih kalau ingin memegangnya. Sementara itu warga sekitar sudah terbiasa dengan kehadiran belut-belut raksasan ini. Mereka pun memanfaatkan air jernihnya untuk berbagai keperluan seperti untuk mandi dan mencuci. Belut air tawar raksasa yang dijuluki Morea oleh warga setempat ini meski cukup agresif tapi masih tergolong jinak. Para wisatawan yang ingin memegang Morea biasanya akan dibantu oleh seorang pawang tua yang secara khusus mengundang belut untuk keluar dari sela-sela bebatuan kolam.

5. Cari Kenalan di Pohon Cinta, Kebun Raya Bogor

5 © max pixel

Di Kebun Raya Bogor, ada pohon yang legendaris. Masyarakat menjulukinya sebagai pohon jodoh atau pohon cinta. Jadi konon nih katanya kalau kamu berhasil kenalan atau duduk di dekat pohon tersebut dengan lawan jenis, kamu akan berjodoh dengannya. Bahkan bisa sampai ke jenjang pernikahan. Pohon cinta yang dimaksud merupakan dua pohon yang terlihat mirip satu sama lain. Lokasinya tak jauh dari jembatan gantung. Meskipun penampakan kedua pohon tersebut hampir sama tapi sebenarnya keduanya berasal dari jenis pohon yang berbeda. Pohon yang lebih gelap merupakan pohon kenari. Sementara yang di sebelahnya adalah pohon beringin putih. Orang-orang menganggap kedua pohon ini seperti sepasang pengantin. Dan menurut cerita banyak juga pasangan yang bertemu di sana akhirnya berjodoh.

Nah, itulah lima mitos enteng jodoh yang ada di Indonesia. Namanya juga mitos jadi kebenarannya masih diragukan, ya. Meski begitu, seru juga bisa mengetahui sejumlah mitos terkait enteng jodoh di Indonesia. Kalau di tempat tinggalmu ada nggak mitos-mitos enteng jodoh mirip seperti yang disebutkan di atas? Yuk tulis dikolom komentar, Famous People! (non)

Discover Video Lainnya:

Loading...





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Unik Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more