×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cara Mudah Memahami Apa Itu Shutter Speed, Frame per Second, dan ISO

View Image

0

BRILIO » Discover

Cara Mudah Memahami Apa Itu Shutter Speed, Frame per Second, dan ISO

Ezra Pradipta setting kamera

Ezra Pradipta akan membantu kamu memahami pengaturan kamera di video ini

(brl/red)

27 / 04 / 2017

Writen by : Famous.id

Ezra Pradipta setting kamera

FAMOUS.ID - Di dunia videografi, banyak sekali fitur dan setting yang bisa dieksplore untuk mendapatkan hasil maksimal. Dengan memahami sebuah kamera, pengguna akan bisa mendapatkan hasil video sesuai dengan yang diinginkan. Saat ini, masih banyak orang yang menggunakan kamera hanya dengan mode otomatis tanpa memahami pengaturan sebelumnya. Dalam video terbarunya, Ezra Pradipta membagi ilmu videografinya. Dalam video tersebut, Ezra akan menjelaskan tentang istilah shutter speed, frame per second, dan ISO pada kamera.

1. Shutter speed

Ezra Pradipta Ezra Pradipta Youtube Channel

Shutter speed merupakan indikator seberapa cepat kamera menangkap gambar yang diambil. Shutter speed akan mempengaruhi kecepatan kamera untuk mengambil gambar dan bayangan gambar. Semakin tinggi shutter speed, maka kamera tidak akan menghasilkan bayangan. Sebaliknya, ketika shutter speed rendah, objek gambar akan menghasilkan bayangan yang terekam oleh kamera. Dengan memahami shutter speed, kamu bisa mendapatkan gambar sesuai dengan keinginan kamu. Setelah shutter speed, kamu perlu memahami tentang shutter speed, karena dua pengaturan ini saling membutuhkan satu sama lain.

2. Frame per second

Ezra Pradipta Ezra Pradipta Youtube Channel

Frame per second merupakan jumlah berapa banyak gambar yang diambil per detiknya. Sama seperti film animasi, sebuah video merupakan gabungan dari banyak frame yang berbeda-beda dan membentuk sebuah gambar yang bergerak. Dalam kamera, semakin banyak frame yang diatur akan menghasilkan gambar yang lebih halus. Biasanya setting yang terdapat dalam kamera terdiri dari pengaturan 24 fps, 30 fps, dan 60 fps. FPS berpengaruh pada pilihan jenis video yang ingin diambil. Semakin tinggi fps banyak digunakan untuk video dengan jenis slow motion. Perbedaan frame per second ini bisa kamu lihat di video dari Ezra Pradipta.

3. ISO

Ezra Pradipta Ezra Pradipta Youtube Channel

ISO merupakan fitur dalam kamera yang digunakan untuk mengatur cahaya pada gambar secara digital. Dengan mengatur ISO, kamera dapat memberikan cahaya pada gambar yang diambil. Tetapi terdapat kekurangan dalam cahaya ISO. Semakin tinggi pengaturan ISO akan berpengaruh terhadap tingginya noise pada video. Ketika kamu menggunakan ISO tinggi di tempat gelap, gambar akan terlihat terang tetapi akan muncul banyak titik-titik yang disebut noise pada gambar yang tidak enak untuk dilihat. Dalam videografi, cahaya dari ISO tidak menjadi alat utama. Gunakanlah peralatan lighting untuk mendapatkan cahaya yang sempurna dan dapat diatur.

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang pengaturan kamera, untuk lebih lengkapnya kamu bisa tonton langsung video dari Ezra Pradipta di halaman ini! (nfl)

Baca juga:







Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Ezra McGaiver Video Tutorial Video Tips Ezra Pradipta
Loading...

MORE
Wave more