×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bikin Menggigil ! Inilah 5 Kota Paling Dingin di Indonesia

View Image

0

BRILIO » Discover

Bikin Menggigil ! Inilah 5 Kota Paling Dingin di Indonesia

Bikin Menggigil ! Inilah 5 Kota Paling Dingin di Indonesia

Kota-kota ini tersebar di seluruh penjuru Indonesia, dari Sabang hingga Merauke

(brl/red)

21 / 01 / 2018

Writen by : Famous.id

Bikin Menggigil ! Inilah 5 Kota Paling Dingin di Indonesia

FAMOUS.ID- Indonesia dikenal dengan sebutan negara tropis. Hal itu memang benar, karena kebanyakan kota di Indonesia entah besar atau pun kecil, dikenal dengan keadaan udaranya yang cenderung panas. Selain itu, banyaknya bangunan tinggi dan kendaraan juga menyumbang panasnya udara pada suatu kota. Tapi ternyata ada beberapa kota yang dikenal sangat dingin lho! Kota-kota ini tersebar di seluruh penjuru Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Beberapa kota bahkan sudah dikenal. Berikut kota-kota di Indonesia yang dikenal sangat dingin!

1. Berastagi, Karo, Sumatra Utara

Ngalahin AC 2 PK! 5 Kota Paling Dingin Di Indonesia ini Juga Menyimpan Sejuta Pesona daftar populer © daftar populer

Berastagi adalah salah satu tempat yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Karo. Kota dengan ketinggian 1.300 meter dari permukaan air laut ini memiliki udara yang sangat dingin. Berastagi diapit oleh gunung Sibayah dan Gunung Sinabung yang masih sering aktif dan menimbulkan kepanikan. Berastagi memiliki beberapa objek wisata alam yang sangat menarik. Salah satu di antaranya adalah air terjun Sikulikap. Jika anda ingin berwisata sejarah, desa-desa kuno seperti Desa Lingga dan Tongkoh bisa menjadi tempat yang pas. Selain itu, karena udaranya yang sangat dingin, Berastagi juga dikenal sebagai penghasil buah-buahan paling bagus di area Sumatra Utara.

2. Lembang, Bandung, Jawa Barat

Ngalahin AC 2 PK! 5 Kota Paling Dingin Di Indonesia ini Juga Menyimpan Sejuta Pesona daftar populer © daftar populer

Mendengar kata Lembang, pasti kita akan terbanyang sebuah observatorium terbesar di Indonesia, Bosscha. Benar hal ini tidak salah, namun kota kecil yang sangat dingin ini menyimpan banyak sekali potensi wisata lain. Terutama yang berhubungan dengan alam. Di dukung dengan lokasinya yang berada di ketinggian antara 1.300 hingga 2.100 meter, Lembang adalah tempat yang pas untuk berlibur dari dunia panas kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Wisata alam yang terkenal di Lembang antara lain Gunung Tangkuban Perahu. Namun tempat ini sudah terlalu populer. Jika ingin sesuatu yang baru bisa mencoba ke Maribaya, sebuah air terjun yang masih sangat alami. Jika ingin menenangkan diri dengan suasana pedesaan yang sangat tradisional, bisa mencoba wisata desa alam yang banyak disuguhkan di Lembang.

3. Waghete, Deiyai, Papua

Ngalahin AC 2 PK! 5 Kota Paling Dingin Di Indonesia ini Juga Menyimpan Sejuta Pesona daftar populer © daftar populer

Saat tengah hari, suhu udara di Waghete adalah 15 derajat Celcius. Sedangkan malam hari bisa mencapai suhu hingga 10 derajat Celcius. Bisa dibayangkan bagaimana suhu di kota kecil yang terletak di Kabupaten Deiyai, Papua ini. Rata-rata udara di kota besar Indonesia mencapai 32-35 derajat Celcius saat siang. Di Waghete, kita benar-benar tidak akan merasakan panasnya udara seperti di sebagian besar lokasi di Pulau Jawa. Waghete memiliki satu banda udara kecil yang digunakan sebagai lokasi pendaratan pesawat sipil dan militer. Transportasi sebenarnya bisa menggunakan jalur darat namun memakan waktu lama dengan jalan yang tidak terlalu bagus. Untuk itulah banyak warga yang menggunakan jasa pesawat untuk membeli barang ke kota besar. Halini mengakibatkan harga kebutuhan pokok di Waghete kian melonjak. Tingkat pendidikan di kota kecil dengan ketinggian rata-rata 2.200 meter ini tergolong rendah. Hanya ada 3 jenjang sekolah dari TK, SD, hingga SMK. Semuanya dikelola oleh organisasi keagamaan. Sekolah negeri dari pemerintah belum menjangkau daerah yang dahulu juga sering terjadi konflik ini.

4. Mulia, Puncak Jaya, Papua

Ngalahin AC 2 PK! 5 Kota Paling Dingin Di Indonesia ini Juga Menyimpan Sejuta Pesona daftar populer © daftar populer

Mulia adalah sebuah kota kecil di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Kota ini terletak pada ketinggian 2.448 meter dari permukaan laut. Sebuah kota pegunungan dengan udara yang super dingin. Mulia dikenal sebagai salah satu daerah konflik di Papua. Di kota ini sering terjadi bentrok hingga suara tembakan adalah hal yang biasa di sana.
Meski kota kecil di daerah pegunungan, Mulia memiliki satu bandara kecil. Hanya pesawat jenis Caravan yang bisa digunakan untuk mencapai darah ini. Pesawat Caravan biasanya hanya berisi 9 orang saja, penerbangan sekitar satu jam dari Jayapura dan harus melewati sela-sela gunung. Perlahan-lahan Mulia mulai terkena modernisasi, hal ini ditunjukkan dengan mulai banyaknya kantor-kantor pemerintahan, jalan-jalan aspal dan infrastruktur seperti PLTA meski masih minim.

5. Gayo Lues, Aceh

Ngalahin AC 2 PK! 5 Kota Paling Dingin Di Indonesia ini Juga Menyimpan Sejuta Pesona daftar populer ©daftar populer


Gayo Lues adalah nama salah satu kabupaten paling terisolasi di daerah Aceh. Meski demikian, daerah yang memiliki ketinggian hingga mencapai 1.000 meter dari permukaan air laut ini memiliki banyak sekali potensi daerah. Salah satu yang terkenal hingga seluruh dunia adalah kopinya. Kopi Gayo telah dikenal sebagai salah satu bji kopi paling nikmat yang ada di Indonesia. Tak heran jika harganya sangat mahal.
Selain itu, potensi lain yang dimiliki oleh Gayo Lues adalah wisata alam. Banyak sekali pintu-pintu pendakian ke Gunung Leuser dari daerah Gayo Lues. Pemandian air panas juga ada di daerah Kecamatan Puteri Betung. Selain itu Gayo Lues juga penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh karena keadaan udaranya yang dingin sangat pas untuk menanam produk holtikultura.

Itulah kelima kota paling dingin di Indonesia dengan pemandangan yang menakjubkan. Sebenarnya masih banyak kota lain yang nggak kalah keren. Kita tak perlu ke luar negeri, karena Indonesia memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan tidak akan ditemukan di negara lain lho! Yuk simak ulasan selengkapnya tentang kota paling dingin di Indonesia dengan pemandangan mengagumkan di video yang ada di halaman ini Famous People!(non)





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more