×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips Berbicara di Depan Umum Untuk Atasi Demam Panggung

View Image

0

BRILIO » Discover

5 Tips Berbicara di Depan Umum Untuk Atasi Demam Panggung

Tips public speaking hutata

Kamu sering gugup ketika berbicara di depan umum? Ikuti 5 tips dari Hujan Tanda Tanya ini!

(brl/red)

19 / 06 / 2017

Writen by : Famous.id

Tips public speaking hutata

FAMOUS.ID - Banyak orang yang merasa kesulitan dan gugup ketika berbicara di depan orang banyak. Berbagai faktor seperti penguasaan materi, pandangan orang banyak, hingga fokus yang buyar menjadi beberapa hal yang ditakuti kebanyakan orang ketika berbicara di depan umum. Hal ini sebenarnya dapat kita lawan dan hilangkan dengan beberapa cara. Dalam video terbarunya, channel Hujan Tanda Tanya membahas tentang hal ini. Berikut 5 tips berbicara di depan umum yang bisa kamu lakukan!

1. Bercerita

Hujan Tanda Tanya Hujan Tanda Tanya Youtube Channel

Banyak orang yang berpikiran bahwa slide presentasi merupakan hal yang harus disiapkan untuk berbicara di depan umum. Tetapi sebenarnya, slide hanyalah instrumen pendukung saja. Daripada sekedar membaca, sebaiknya presentasi harus disampaikan dengan cara bercerita. Setelah punya gambaran mengenai apa yang ingin disampaikan, barulah slide presentasi dapat dibuat yang sesuai untuk membantu cerita agar lebih mudah diikuti.

2. Bicara untuk memberi

Hujan Tanda Tanya Hujan Tanda Tanya Youtube Channel

Tanamkan dalam pikiran kamu bahwa berbicara di depan umum memiliki tujuan untuk memberikan sesuatu pada penonton, bukan mengharapkan sesuatu dari penonton. Dengan hal ini, kamu akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan para penonton yang hadir. Kamu juga perlu memahami kebutuhan para penonton agar kamu dapat memberikan pengetahuan baru dan manfaat yang berguna pada penonton yang hadir dalam presentasi kamu.

3. Coba kuasai panggung

Hujan Tanda Tanya Hujan Tanda Tanya Youtube Channel

Menguasai panggung juga menjadi hal penting dalam public speaking. Jadilah penguasa panggung bukan budak panggung. Hal ini berarti pembicara harus menguasai berbagai teknik berbicara di atas panggung. Memberikan jeda pada beberapa poin pembicaraan juga menjadi cara untuk menguasai panggung. Hal ini dikenal dengan ungkapan "The Power of Pause". Ketika kamu sudah menguasai hal ini, penonton akan memberikan perhatian pada kamu sebagai pembicara bahkan pada saat kamu sedang diam. Jeda yang dilakukan ini dapat memberikan kesempatan pada para penonton untuk fokus pada hal yang kamu bicarakan.

4. Tatap penonton

Hujan Tanda Tanya Hujan Tanda Tanya Youtube Channel

Seperti dalam poin kedua, berbicara merupakan teknik untuk memberi sesuatu pada penonton. Oleh karena itu, hal yang perlu dilakukan adalah membentuk kontak langsung pada para penonton. Ketika berbicara, sebaiknya kamu melakukan kontak mata pada para penonton secara bergantian. Apabila sulit, kamu bisa mencoba menatap bagian kosong antara kedua mata penonton. Dengan hal ini, kamu akan menemukan para penonton yang benar-benar memperhatikan presentasi yang sedang kamu bawakan.

5. Semangat

Hujan Tanda Tanya Hujan Tanda Tanya Youtube Channel

Tips terakhir dalam berbicara di depan umum adalah hindari rasa gugup dan jadikan itu sebagai semangat. Ketika kamu merasakan keringat dingin dan telapak tangan yang basah, jadikan hal tersebut sebagai tanda semangat ketika akan berbicara di depan orang banyak. Terdapat penelitian dari Harvard yang mengatakan bahwa mengatakan "i'm excited" jauh lebih berguna untuk meningkatkan performa daripada mengatakan "keep calm". Oleh karena itu, bersemangatlah dalam menghadapi berbagai kegiatan kamu!

Nah, itu dia 5 tips berbicara di depan umum dari Hujan Tanda Tanya! Semoga tips ini bisa berguna ya untuk kamu Famous People! (nfl)

Baca juga:

Loading...






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Hujan Tanda Tanya Video Tips Hujan Tanda Tanya Must See Trending Now
Loading...

MORE
Wave more