×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Ilmuwan Besar Dunia yang Dianggap Sesat Pada Masanya!

View Image

0

BRILIO » Discover

5 Ilmuwan Besar Dunia yang Dianggap Sesat Pada Masanya!

5 Ilmuwan Besar Dunia yang Dianggap Sesat Pada Masanya!

Karya para ilmuwan banyak ditantang oleh pemuka agama karena dianggap mengandung ajaran sesat

(brl/red)

17 / 02 / 2018

Writen by : Famous.id

5 Ilmuwan Besar Dunia yang Dianggap Sesat Pada Masanya! 5 Ilmuwan Besar Dunia yang Dianggap Sesat Pada Masanya!

FAMOUS.ID- Ilmuwan adalah orang yang bekerja keras untuk ilmu pengetahuan melalui temuan-temuan berharganya yang bisa kita nikmati dan manfaatkan hingga saat ini. Tanpa ilmuwan mungkin ilmu pengetahuan nggak akan ada atau teknologi nggak akan maju seperti sekarang. Kembali pada masanya di zaman dahulu karya para ilmuwan banyak ditantang oleh pemuka agama karena dianggap mengandung ajaran sesat. Gereja khatolik Roma bahkan memiliki pengadilan berupa komite inkuisisi yang nggak segan memburu dan menghukum para ilmuwan yang sering mempromosikan kesesatan. Berikut ulasan selengkapnya!

Nicolaus Copernicus

5 Ilmuwan Besar yang Dianggap Sesat oleh Agama YtCrash © YtCrash

Copernicus adalah seorang matematikawan dan astronom asal Royal Prussia yang dulu adalah bagian dari kerjaan Polandia. Ilmuwan ini mungkin adalah orang yang pertama memformulakan model tata surya di mana matahari adalah pusat tata surya. Ia menulis buku De Revolvtioni bus orbium coeleftium atau revolusi valak yang merupakan hal besar di ilmu pengetahuan. Namun, pengetahuannya tersebut dia rahasiakan selama 30 tahun karena tidak ingin membuat gereja murka. Meski dalam hidupnya dia banyak mengeluarkan buku dan karya hingga memunculkan revolusi Copernicus karena ia berhasil membuka mata ilmuwan lain tentang berbagai hal yang berbau astronomi, tapi dia dianggap sesat oleh gereja.

Giordano Bruno

5 Ilmuwan Besar yang Dianggap Sesat oleh Agama YtCrash © YtCrash

Giordano Bruno adalah seorang filsuf dan seorang matematikawan asal Italia yang sangat gigih mendukung teori milik Copernicus. Dia sendiri pernah mengeluarkan karya yang relevan di masa sekarang yaitu dia menyatakan bahwa bintang hanyalah matahari yang dikelilingi oleh eksoplanet. Dengan mudah Bruno langsung dianggap sesat oleh inkuisisi, pengadilan gereja yang saat itu memang bertugas membunuh penganut aliran sesat. Dia dijebloskan ke penjara dan divonis mati.

Galileo Galilei

5 Ilmuwan Besar yang Dianggap Sesat oleh Agama YtCrash © YtCrash

Galileo dikenal sebagai bapak sains modern karena dialah yang membuktikan teori Copernicus semua benar mengenai bumi mengelilingi matahari. Dia merancang sebuah teleskop yang digunakan untuk mengobservasi tata surya dan menemukan besarnya Jupiter, meneliti fase perjalanan venus, serta menemukan cincin Saturnus. Ia bahkan bisa menghitung kecepatan rotasi matahari dengan melihat pergerakan titik hitam di matahari. Karena dia mendukung teori Copernicus soal Heliosentriks, kalangan gereja melalui komite inkuisisinya menarik Galileo yang sudah berumur 70 tahun ke pengadilan. Pengadilan gereja menjadikannya tahanan rumah seumur hidup hingga ia meninggal.

Rene Descartes

5 Ilmuwan Besar yang Dianggap Sesat oleh Agama YtCrash © YtCrash

Rene Decrates adalah filsuf perancis yang dijuluki bapak filsafat modern hingga sekarang. Ia adalah penggagas aliran rasionalisme, menantang otoritas gereja serta otoritas lawas era filsuf Yunani yang jadi tolak ukur sebuah kepastian. Yang paling terkenal, ia membuat filosofi “cogito ergo sum” atau aku berfikir maka aku ada, yang dianggap sebagai frasa penting di dunia. Decrates juga adalah filsuf yang melalui pemikirannya menyimpulkan bahwa Tuhan itu ada dan benda material itu ada. Akhirnya ia benar-benar menuai permusuhan dengan gereja karena merilis buku “Meditationes On First Philosophy” yang memperkenalkan gagasan bahwa kebenaran harus ditemukan melalui penyelidikan ilmiah dan metode ilmiah.

Charles Darwin

5 Ilmuwan Besar yang Dianggap Sesat oleh Agama YtCrash © YtCrash

Dialah pengusung teori evolusi yang tentu menentang konsep bahwa manusia pertama adalah adam. Awalnya ia takut untuk bersitegang dengan dunia Kristen yang akhirnya memutuskan untuk merahasiakan teori tersebut selama 20 tahun. Namun, setelah ada ilmuwan lain yang punya pemikiran yang hampir sama, ia akhirnya mempublikasikan teorinya tersebut di tahun 1858. Paska kejadian tersebut, gereja benar-benar kecewa, syok dan marah terhadap Darwin. Seluruh dunia menyerang Darwin dan muncul mitos-mitos terkait namanya.

Itulah 5 daftar ilmuwan besar dunia yang dianggap sesat oleh Agama. Terlepas dari sesat atau nggaknya penemuan iluwan diatas, hasil temuannya masih bisa nikmati sampai sekarang, Famous People! (non)

TEBAK QUIZ BERHADIAH EDISI IMLEK 2020

Yuk ikuti quiz berhadiah dan dapatkan Voucher PIZZA E BIRRA dengan total hadiah jutaan rupiah untuk 10 orang pemenang







Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan
Loading...

MORE
Wave more