×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta Dibalik Tradisi Tahun Baru Imlek yang Belum Kamu Ketahui

View Image

0

BRILIO » Discover

5 Fakta Dibalik Tradisi Tahun Baru Imlek yang Belum Kamu Ketahui

5 Fakta Dibalik Tradisi Tahun Baru Imlek yang Belum Kamu Ketahui

Nggak jauh berbeda dengan hari raya yang lain, Imlek bukan hanya tentang kemeriahan dan petasan aja, lho!

(brl/red)

16 / 02 / 2018

Writen by : Famous.id

5 Fakta Dibalik Tradisi Tahun Baru Imlek yang Belum Kamu Ketahui

FAMOUS.ID - Hari Raya Imlek biasanya jatuh pada bulan Februari. Untuk di negeri Tiongkok, Korea, dan Jepang sendiri ditandai dengan sudah mulainya musim semi. Perayaan Imlek mulai dikenal sejak jaman Dinasti Xia, yang kemudian menyebar ke penjuru dunia, termasuk Indonesia oleh para perantau asal Tiongkok. Tradisi tahunan itu pun dikenal luas sebagai identitas budaya Tionghoa di tanah perantauan. Tradisi ini kemudian dibawa oleh masyarakat Tionghoa ke manapun dia merantau, termasuk ke Indonesia. Bagi masyarakat Tionghoa pasti sudah sangat familiar dengan Imlek, tapi sebagai orang awam, tahukah kamu ternyata ada beberapa hal unik dari tradisi ini? Langsung aja simak ulasan selengkapnya!

1. Angpao

FAKTA TENTANG IMLEK YANG BELUM KAMU KETAHUI ! ©kamang hunter

Bagi anak kecil, angpao adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu, karena amplop merah itu berisi uang jajan. FYI, ternyata pengisian uang jajan di angpao nggak boleh asal jumlahnya. Jumlah yang dilarang adalah adanya angka empat dan bilangan ganjil. Etnis Tionghoa percaya betul bahwa angka empat dan bilangan ganjil dapat mendatangkan kesialan.

2. Suasana Hati

FAKTA TENTANG IMLEK YANG BELUM KAMU KETAHUI ! ©kamang hunter

Saat hari raya Imlek, seseorang juga nggak boleh bersedih dan diharuskan untuk ceria dengan senyum manis sepanjang hari. Kenapa? Karena kalau kamu ceria di hari Imlek maka dalam setahun penuh kebahagiaan akan menyelimuti hidupmu. Namun, sebaliknya kalau kamu tampak murung di hari Imlek, maka kesedihan akan mengikutimu selama satu tahun.

3. Sewa pacar

FAKTA TENTANG IMLEK YANG BELUM KAMU KETAHUI ! © kamang hunter

Di Tiongkok ada usaha unik menjelang Imlek, usaha tersebut adalah jasa penyewaan pacar. Jasa sewa pacar sudah mulai populer baik offline maupun online, seperti media sosial. Para pria jomblo biasanya mencari agen penyewaan pasangan untuk merayakan Imlek demi mengatasi rasa mindernya pada keluarga. Paket ini dilengkapi dari pelukan gratis, memegang tangan. Tapi semua itu tergantung kesepakatan awal antara pemilik jasa dengan klien.

4. Warna merah

Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek, Creator Ini Kolaborasi Cover Lagu © 2016 famous.id

Bagi etnis Tionghoa merah adalah warna keberuntungan. Bahkan, bagi yang lahir di tahun Kuda, sangat diwajibkan mengenakan warna ini pada perayaan Imlek nantinya. Hal tersebut dipercaya akan membawa keberuntungan.

5. Petasan dan Barongsai

FAKTA TENTANG IMLEK YANG BELUM KAMU KETAHUI ! © kamang hunter

Nggak hanya ditujukan untuk kemeriahan, petasan dan barongsai ternyata diyakini dapat menakut-nakuti roh jahat yang akan mengacaukan perayaan Imlek. Dulunya, sebelum menggunakan petasan, etnis Tionghoa menggunakan batang bambu yang dibakar. Namun, seiring perkembangan zaman, mereka menggantinya dengan petasan atau kembang api.

Itulah beberapa fakta tentang Imlek yang mungkin belum kamu ketahui. Nggak jauh berbeda dengan hari raya yang lain, Imlek bukan hanya tentang kemeriahan dan petasan, karena di balik hal tersebut ada makna-makna yang sangat mendalam. Buat kamu yang masih penasran dengan fakta menarik di balik tradisi Imlek, yuk simak ulasan selengkapnya di video yang ada di halaman ini, Famous People!(non)





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more