×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Daerah di Indonesia Ini Terdapat Jejak Peninggalan Perang Dunia II

View Image

0

BRILIO » Discover

5 Daerah di Indonesia Ini Terdapat Jejak Peninggalan Perang Dunia II

5 Daerah di Indonesia Ini Terdapat Jejak Peninggalan Perang Dunia II

Apa kamu tertarik mengunjunginya?

(brl/red)

27 / 10 / 2017

Writen by : Famous.id

5 Daerah di Indonesia Ini Terdapat Jejak Peninggalan Perang Dunia II 5 Daerah di Indonesia Ini Terdapat Jejak Peninggalan Perang Dunia II

FAMOUS.ID - Salah satu perang paling mengerikan yang pernah terjadi di dunia adalah perang dunia ke II yang berlangsung selama 6 tahun lamanya dan melibatkan banyak sekali negara-negara di dunia. Perang ini dikatakan sebagai perang terluas dalam sejarah peperangan dunia karena melibatkan lebih dari 100 juta pasukan dari berbagai negara. Perang ini di mulai dari tahun 1939 dan berakhir di tahun 1945 dengan memakan korban hingga mencapai 85 juta jiwa.

Meskipun pada saat itu Indonesia nggak terlibat dalam peperangan karena masih di jajah oleh Belanda dan Jepang, ternyata beberapa tempat di Indonesia secara tidak langsung di gunakan oleh anggota aliansi perang Dunia II sebagai tempat menyusun strategi. Semua itu terungkap dengan adanya beberapa jejak peninggalan yang di temukan di beberapa tempat di Indonesia. Berikut adalah beberapa tempat yang memiliki jejak peninggalan perang dunia II di Indonesia yang masih ada hingga sekarang.

Pulau Biak

1 ©wikipedia

Pulau Biak adalah salah satu pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih, lokasinya berada di sebelah barat laut Papua Nugini. Pulau ini juga menjadi salah satu dari saksi bisu terjadinya peperangan antara tentara Sekutu dengan pasukan Jepang. Dalam pertempuran yang terjadi di Biak, pihak Jepang harus mengalami kekalahan karena kalah jumlah dengan tentara Sekutu. Salah satu bukti peninggalan jejak dari pertempuran perang dunia II di wilayah ini adalah dengan adanya beberapa goa yang di fungsikan oleh tentara Jepang sebagai tempat kemiliterannya. Bahkan di salah satu gua terdapat lima kamar yang di gunakan sebagai tempat perawatan tentara Jepang. Gua yang berisi senjata sisa dari perang dunia II ini masih ada dan terawat dengan baik di Pulau Biak.

Pemenang Lombok Utara

2 © wikimedia

Pulau Lombok adalah salah satu pulau yang terkenal sebagai surganya tempat wisata bahari yang keindahannya tidak kalah dengan Pulau Bali. Keindahan baharinya sangat terkenal dan keindahannya tidak bisa di pandang remeh, bahkan banyak turis asing yang kini menyerbu pulau Lombok sebagai destinasi wisata selain Bali. Di balik keindahan wisata baharinya, ternyata pula ini juga menjadi saksi bisu atas adanya jejak peninggalan perang dunia II di masa lampau. Di kedalaman laut yang terkenal dengan sebutan Gili Trawangan ini terdapat banyak bangkai kapal perang yang dulunya di gunakan Jepang dalam perang dunia II. Bangkai kapal karam bernama Japanese Wreck dan Bounty Wreck kini menjadi salah satu pesona daya tarik yang melengkapi pesona keindahan dari ragam terumbu karang dan biota laut lainnya. Selain kapal karam, di Pulau Lombok juga terdapat beberapa gua yang dulu di gunakan Jepang sebagai tempat penyimpanan senjata, bahkan beberapa meriam dan potongan alat perang lainnya juga di temukan di Pulau ini.

Kepulauan Mapia

3 © wikimedia

Kepulauan Mapia adalah pulau terluar dari wilayah Papua yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik. Letak Kepulauan Mapia berada di Kabupaten Supiori Papua yang berbatasan langsung dengan dua negara yaitu Republik Palau dan Filipina. Kepulauan ini banyak sekali di tumbuhi dengan tanaman kelapa, yang kemudian di jadikan sebagai Kopra oleh penduduk sekitar pulau Mapia. Kepulauan Mapia ini ternyata dulunya juga di fungsikan oleh aliansi Jepang sebagai bagian wilayah kemiliterannya pada perang dunia II. Salah satu jejak peninggalan dari perang dunia II saat itu adalah adanya beberapa pangkalan udara dan kuburan kuno sebagai kuburan para tentara yang tewas dalam perang tersebut. Konon bahwa penduduk kepulauan ini di bawa secara paksa oleh tentara Jepang dari Pusat Kota Papua untuk di jadikan pekerja paksa untuk mengolah kopra yang akan di jadikan bahan penghasil minyak.

Kepulauan Morotai

4 © wikipedia

Kepulauan Morotai adalah salah satu tempat yang belokasi di kawasan Halmahera Utara yang lokasinya sangat berdekatan dengan Samudera Pasifik. Perlu di ketahui bahwa Samudera Pasifik adalah merupakan laut dimana juga di gunakan pada perang dunia II beberapa puluhan tahun silam. Kawasan Morotai adalah salah satu tempat yang pernah di gunakan Jepang sebagai landasan terbang selama berlangsungnya perang dunia II. Pada tahun 1944 pulau Morotai akhirnya di ambil alih oleh tentara Amerika yang kemudian di jadikan landasan terbang Sekutu untuk menyerang Filipina dan Borneo Timur. Tempat tersebut di namai dengan pulau MC Arthur yang merupakan nama dari panglima perang Amerika, di tempat ini banyak sekali peninggalan perang dunia II bisa di lihat seperti kendaraan perang yang telah karam di tengah laut seperti tank dan pesawat. Peninggalan tersebut kini sudah menyatu menjadi bagian laut sebagai tempat tinggal terumbu karang dan ikan-ikan kecil.

Pulau Tarakan

5 © wikipedia

Sudah sejak tahun 1869 pulau Tarakan telah di jadikan pangkalan militer tentara sekutu untuk mengawasi bagian sisi utara dari pulau Kalimantan. Pulau ini terletak di wilayah laut Sulawesi yang berbatasan dengan Malaysia Timur, dulunya menjadi tempat strategis para tentara Sekutu untuk mengawasi musuhnya di perang dunia II. Sealain itu para tentara Sekutu membangun pangkalan militer di tempat ini untuk mendukung barisan altileri pasukan militer sekutu saat perang dunia II berlangsung. Wilayah Tarakan adalah salah satu tempat yang di jadikan sebagai gudang senjata oleh tentara Sekutu untuk memasok persenjataan di perang dunia II. Salah satu jejak peninggalan yang kini menjadi bukti bahwa Tarakan adalah salah satu saksi bisu dari pergolakan perang dunia II adalah terdapat banyak bangkai meriam peninggalan sekutu tersebar di area wilayah Tarakan. Selain itu di tempat ini juga terdapat bunker, barak logistik artileri dan juga beberapa bangunan yang dulunya di fungsikan sebagai gudang senjata dan tempat pengintaian musuh.

Nah itulah 5 tempat di Indonesia yang tenyata menyimpan beberapa jejak-jejak peninggalan dari perang dunia II. Meskipun Indonesia nggak ikut berperang, namun ternyata Indonesia adalah salah satu tempat yang di gunakan sebagai basis militer oleh para aliansi perang saat perang dunia II berlangsung, Famous People! (non)





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Must See Trending Now
Loading...

MORE
Wave more