×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Penjara Paling Kejam dan Juga Mengerikan yang Ada di Dunia

View Image

0

BRILIO » Discover

10 Penjara Paling Kejam dan Juga Mengerikan yang Ada di Dunia

Calon Sarjana

Banyak perlakuan yang tidak manusiawi di dalam penjara-penjara ini!

(brl/red)

08 / 05 / 2017

Writen by : Famous.id

Calon Sarjana

FAMOUS.ID - Penjara merupakan tempat untuk membuat jera para pelaku kejahatan dan juga tindakan kriminal lainnya. Para pelaku yang sudah dijatuhi hukuman masa tahanan tersebut, harus menjalani masa hukumannya sesuai dengan hasil dari persidangan yang sudah diputuskan.

Indonesia sendiri memiliki sebuah penjara atau lembaga permasyarakatan yang cukup terkenal seram, yaitu Nusa Kambangan. Penjara ini dikhususkan untuk para pelaku kejahatan yang mempunyai kasus kriminal cukup berat. Maka tidak heran jika penjagaan di penjara tersebut sangat ketat sekali.

Namun, tahukah kamu jika di dunia ini ternyata ada penjara yang terkenal lebih kejam dan seram melebihi Nusa Kambangan! Penjara-penjara tersebut tersebar luas di berbagai belahan dunia ini dan menjadi tempat yang mungkin tidak akan pernah mau kamu kunjungi.

Berikut adalah daftar 10 penjara paling kejam dan juga mengerikan yang ada di dunia.

1. Penjara Carandiru (Brazil)

Calon Sarjana © Calon Sarjana

Terletak di Sao Paulo, Brazil, penjara ini telah mengalami beberapa peristiwa yang sangat mengerikan seperti kekerasan dan juga kesehatan. Lingkungan penjaranya yang sangat kotor, membuat para narapidananya sampai terkena virus HIV AIDS.

Tak hanya itu saja, di penjara ini juga pernah terjadi tragedi pembantaian massal yang melibatkan polisi setempat pada tahun 1992. Ratusan korban berjatuhan dan terbunuh pada tragedi yang dinamakan "Carandiru Massacre."

Tragedi tersebut bermula dari meletusnya perang antar genk di dalam penjara, hingga melebar melibatkan banyak narapidana lainnya. Namun, polisi di sana mengatasi kondisi itu dengan cara menembaki mereka karena dianggap telah membuat keonaran. Tapi sayangnya tindakan brutal polisi tersebut justru menimbulkan banyak narapidana berjatuhan terbunuh.

2. Penjara Tadmor (Suriah)

Calon Sarjana © Calon Sarjana

Penjara Tadmor terletak di negara Suriah dan terkenal sebagai salah satu penjara terkejam yang ada di dunia. Hal tersebut dikarenakan berbagai penindasan pernah terjadi di dalam penjara ini.

Kejadian paling brutal yang pernah terjadi di penjara Tadmor yaitu, saat Presiden Hafez Al-Assad datang berkunjung ke sana pada tahun 1980, ia mendapatkan sebuah serangan yang bertubi-tubi dari para narapidana.

Tidak terima dengan perlakuan tersebut, Presiden Hafez Al-Assad memerintahkan para prajuritnya untuk mengeksekusi para tahanan yang terlibat dalam aksi penyerangan kepada dirinya.

Akibat dari eksekusi yang dilakukan itu, setidaknya ratusan nyawa narapidana tewas berjatuhan. Penjara ini sempat ditutup pada tahun 2001, namun dibuka kembali 10 tahun kemudian hingga sampai saat ini.

3. Penjara Diyarbakir (Turki)

Calon Sarjana © Calon Sarjana

Awalnya tempat ini adalah sebuah departemen kehamilan, namun berubah fungsi menjadi penjara. Terletak di negara Turki, penjara Diyarbakir terkenal sebagai rumah tahanan yang sangat tidak manusiawi. Banyak narapidana tewas akibat penyiksaan terhadap fisik maupun psikis mereka.

Pada tahun 1996 pernah terjadi sebuah peristiwa yang sangat mengerikan melibatkan polisi dengan para tahanan. Dari tragedi itu tercatat puluhan nyawa tahanan terbunuh karena penyiksaan yang berlebihan. Sejumlah narapidana sebenarnya telah melakukan protes terhadap pengelolaan dari penjara ini dengan melakukan mogok makan, bahkan sampai ada yang membakar diri.

Namun protes tersebut tidak berhasil dan tetap membuat penjara ini menjadi yang paling mengerikan di Turki. Bahkan penjara Diyarbakir juga pernah memasukkan anak-anak ke dalam sel tahanan dan membuat mereka menjadi budak seumur hidup di sana.

4. Penjara La Sante (Perancis)

Calon Sarjana © Calon Sarjana

Penjara La Sante terletak di wilayah Paris, Perancis. Penjara ini terkenal kejam karena para tahanan berkulit hitam menerima tindak kekerasan yang sangat kejam.

Tak hanya itu saja, penjara La Sante juga terkenal brutal di mana banyak kematian yang terjadi di dalamnya. Sistem penjara yang menggunakan hukum rimba, siapa yang kuat maka akan berkuasa, membuat para tahanan yang lemah menjadi korban.

Oleh karena itu kecenderungan untuk melakukan tindakan bunuh diri besar sekali dilakukan, ini kemungkinan karena kondisi hidup yang mengerikan terjadi di dalam penjara La Sante.

5. Penjara Gitarama (Rwanda)

Calon Sarjana © Calon Sarjana

Jika ada sebutan 'neraka' di bumi, maka penjara Gitarama bisa masuk dalam kategori tersebut. Bagaimana tidak, penjara yang dirancang hanya untuk menampung ratusan tahanan ini, ternyata telah dihuni oleh ribuan narapidana. Penjara inipun pernah dilabeli sebagai penjara terburuk sepanjang masa oleh sebuah media massa.

Ruangan sempit seluas 1 meter, bisa ditempatkan sampai 4 narapidana di dalamnya. Sehingga para narapidana tersebut harus makan dan tidur dengan kondisi yang sangat sempit sekali. Tak hanya itu saja, makanan yang diberikan pun juga tidak layak untuk dimakan. Teriknya sinar matahari juga menjadi musuh mereka di dalam penjara Gitarama.

6. Penjara La Sabaneta (Venezuela)

Calon Sarjana © Calon Sarjana

Tindakan kekerasan yang sangat kejam telah menjadi santapan sehari-hari para tahanan di penjara La Sabaneta. Fasilitas di dalam penjara yang sangat minim, membuat wabah penyakit begitu mudah menyebar.

Tak heran jika wabah kolera sempat menghantui penjara ini dan memakan korban ratusan jiwa para tahanan. Penjara ini pun pernah mengalami tragedi pembataian massal yang menjatuhkan banyak korban pada tahun 1994.

Bahkan tak berhenti di situ saja, pada tahun berikutnya jatuh lagi korban ratusan jiwa para tahanan akibat kekerasan yang terjadi di dalam penjara. Tidak heran penjara ini termasuk penjara paling kejam di dunia.

7. Penjara Alcatraz (San Francisco)

Calon Sarjana © Calon Sarjana

Penjara Alcatraz merupakan penjara yang mungkin terkenal ke seluruh wilayah dunia, karena penjara ini merupakan tempat tahanan para penjahat-penjahat terkejam di dunia. Terbukti dengan masuknya salah satu penjahat kelas kakap yang pernah menghuni di rumah tahanan tersebut yaitu Al 'Scarface' Capone.

Segala bentuk ketidaknyamanan semua lengkap tersedia di penjara Alcatraz. Penjara ini memang dirancang sedemikian rupa sehingga benar-benar menciptakan dunia kejam di dalamnya. Para tahanan benar-benar terputus kontak dengan kehidupan di luar sana. Jadi, akan sangat kecil kemungkinan narapida bisa lolos dan kabur dari penjara ini.

8. Penjara San Quentin (California)

Calon Sarjana © Calon Sarjana

Penjara ini adalah yang tertua di seluruh wilayah California, Amerika. Penjara San Quentin adalah penjara yang dikhususkan hanya untuk pria dan dikenal sangat tidak manusiawi perlakuan di dalamnya.

Para tahanan kepalanya harus dibotaki dan dipaksa memakai seragam yang diberi nomor. Para tahanan makan dengan wadah ember dan harus menghuni sel yang sangat sempit tanpa diberi lampu untuk penerangan.

Di sini nyawa tidak ada harganya. Kerusuhan antar ras sering terjadi, bahkan rasio antara penjaga penjara dengan narapida tidak sebanding jumlahnya. Hal itu lah yang menyebabkan banyak terjadinya hal diluar kontrol yang mengerikan.

9. Penjara Rikers (New York)

Calon Sarjana © Calon Sarjana

Penjara Pulau Rikers terletak di wilayah New York dan sangat terkenal dengan kekejamannya. Kekerasan yang terjadi antara sipir dengan tahanan dan juga antara tahanan dengan tahanan, adalah sebuah pemandangan yang sudah biasa terjadi setiap harinya.

Bahkan penyiksaan yang dilakukan di dalam penjara ini sangat mengerikan sekali. Para penjaga tahanan pun juga terkadang mengaku takut ketika harus melihat dan menyaksikan kekerasan yang terjadi dalam penjara Rikers. Pemukulan hingga pembunuhan seakan menjadi hal yang biasa saja terjadi di dalamnya.

10. Penjara Bang Kwang (Bangkok)

Calon Sarjana © Calon Sarjana

Penjara kejam di wilayah Bangkok ini juga di sebut sebagai "The Bangkok Hilton". Penjara ini boleh dibilang sudah tidak layak lagi, selain penuh dan sesak, juga kekurangan tenaga sipir.

Dikabarkan jika banyak tahanan di sini dirantai seperti dipasung. Akibatnya banyak narapida yang menjadi gila akibat stres melewati bulan-bulan pertama di tahanan itu.

Tak hanya itu saja, bagi narapidana yang akan mendapatkan hukuman mati, mereka akan diberitahukan beberapa jam saja sebelum eksekusi tersebut dilakukan.

Itulah penjara-penjara paling kejam dan juga mengerikan yang ada di dunia. Jika kamu ingin melihat lebih dalam lagi seperti apa kondisi dari 10 daftar penjara di atas, kamu juga bisa tonton videonya yang ada pada halaman ini. (zie)





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Viral Now
Loading...

MORE
Wave more