Brilio.net - Persoalan cinta, orang nggak peduli setiap halangan yang menghadang. Baik usia, status sosial, jarak yang membentang, kalau sekalinya cinta, semua itu bukan masalah.

Bukan cuma kalangan orang awam atau selebriti aja yang menikah tanpa pandang sesuatu yang dianggap hambatan. Nah, kali ini ada sederet pemimpin dunia yang tak memandang usia saat menjatuhkan hati. Yup, mereka jatuh ke pelukan wanita yang usianya lebih tua.

Siapa saja mereka? Berikut ulasan singkatnya sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (25/7).

1. Emmanuel Macron, Presiden Prancis dan Brigitte Trogneux.

pemimpin dunia istri lebih tua berbagai sumber

foto: harpersbazaar.co.uk

Presiden baru negara dengan ikon Menara Eiffel ini menikahi mantan gurunya, Brigitte Trogneux. Saat pertama bertemu di kelas drama, Macron berusia 15 tahun, sedangkan Trogneux berusia 40 tahun. Itu artinya mereka terpaut usia 25 tahun.

Pada pidato kemenangan sebagai Presiden Prancis di hadapan ratusan pendukungnya, Macron berujar, "Brigitte, selalu hadir, dan bahkan lebih lagi sekarang, tanpa dia saya tidak akan menjadi diri saya saat ini."

2. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama & Inggit Garnasih.

pemimpin dunia istri lebih tua berbagai sumber

foto: rgalung.wordpress.com

Pasangan satu ini dulunya adalah anak kost dan ibu kost saat Soekarno kuliah di Technische Hooge School (THS), sekarang ITB, jurusan Teknik Arsitektur. Kala itu, Soekarno sudah memiliki istri Siti Oetari Tjokroaminoto, sedangkan Inggit bersuamikan Sanusi.

Namun karena kondisi rumah tangga masing-masing yang tak harmonis, dan sering terjadi obrolan intens, keduanya akhirnya menjalin hubungan cinta terlarang. Sampai akhirnya mereka bercerai dari pasangan masing-masing, lantas menikah pada 24 Maret 1923 di Bandung. Kala itu Soekarno berusia 21 tahun dan Inggit 34 tahun.

Saat menikah dengan Inggit, karier politik dan perjuangan Soekarno benar-benar diuji. Mulai dari dipenjara di Sukamiskin oleh Belanda, sampai dibuang ke Ende hingga Bengkulu. Namun begitu, Inggit begitu setia menemani.

Sayangnya, setelah 20 tahun bersama, mahligai rumah tangga Soekarno dan Inggit hancur. Inggit tak mau dipoligami saat Soekarno hendak mempersunting gadis Bengkulu, Fatmawati.

3. Charles, Prince of Wales Inggris Raya, dan Camilla.

pemimpin dunia istri lebih tua berbagai sumber

foto: mirror.co.uk

Putra sulung Ratu Elizabeth II ini menikahi teman lamanya, Camilla, pada tahun 2005. Mereka bertemu bertama kali dalam sebuah pertandingan polo tahun 1971. Selanjutnya, mereka semakin dekat dan menjalin hubungan asmara.

Namun karena Charles belum memikirkan pernikahan lantas menjalani karier Angkatan Laut Inggris di luar negeri, hubungan keduanya putus. Sementara itu, pada tahun 1973, Camilla justru menikah dengan perwira kavaleri, Mayor Andrew Parker Bowles.

Meski memiliki kehidupan rumah tangga masing-masing, Charles dan Camilla bersahabat dekat. Sampai-sampai mendiang Diana sempat menuding Camilla adalah biang kerok keretakan rumah tangannya dengan Charles.

Namun siapa sangka, Charles dan Camilla akhirnya bersatu. Keduanya terpaut usia satu tahun, dimana Charles kelahiran 14 November 1948, sedangkan Camilla lahir pada 17 Juli 1947.

4. Najib Razak, Perdana Menteri Malaysia dan Rosmah Mansor.

pemimpin dunia istri lebih tua berbagai sumber

foto: rappler.com

Perdana Menteri Malaysia ini memiliki pasangan yang lebih tua, yakni Rosmah Mansor. Keduanya terpaut usia 2 tahun, yang mana Najib Razak lahir pada 23 Juli 1953, dan Rosmah Mansor lahir pada 10 Desember 1951.

Rosmah Mansor sendiri adalah istri kedua pria yang pernah tersandung skandal kasus dugaan korupsi di 1 Malaysia Development Berhad (1MDB) pada 2015 lalu tersebut. Sebelumnya, Najib Razak beristrikan Tengku Puteri Zainah Tengku Eskandar. Keduanya menikah pada tahun 1976 lalu bercerai pada tahun 1987.