×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Stephen Hillenburg meninggal, ini jejak karier kreator SpongeBob

View Image

0

BRILIO » Sosok

Stephen Hillenburg meninggal, ini jejak karier kreator SpongeBob

Pencipta SpongeBob itu meninggal karena penyakit langka.

28 / 11 / 2018 11:03

Brilio.net - Siapa yang tak tahu kartun lucu berwarna kuning mencolok SpongeBob SquarePants? Hampir semua orang di dunia mengetahui karakter kartun lucu itu. Meski kenal dengan tokoh kartunnya, namun tidak semua orang tahu orang yang menciptakan tokoh itu. Ia adalah Stephen McDannell Hillenburg, seorang mantan guru biologi kelautan di Amerika Serikat.

Sayangnya, pencipta tokoh kartun yang populer itu kini tutup usia. Dilansir brilio.net dari nytimes.com, dia meninggal di rumahnya di Southern California pada Senin (26/11). Hillenburg meninggal di usia 57 tahun. Kematian Hillenburg diumumkan oleh Nickelodeon, saluran TV kabel di Amerika Serikat yang telah menjadi rumah dari kartun SpongeBob sejak Mei 1999.

Tahun lalu, Hillenburg sempat mengumumkan dirinya mengidap penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), yaitu kondisi saat sel-sel tertentu (neuron) pada syaraf di otak dan sumsum tulang belakang mati secara perlahan. Penyakit itu akhirnya menggerogoti pertahanan tubuhnya hingga ia menghembuskan nafas terakhir.

stephen hillenburg YouTube

foto: consequenceofsound.net

Loading...

"Steve dijiwai 'SpongeBob SquarePants' dengan rasa humor dan kepolosan unik yang telah membawa sukacita bagi generasi anak-anak dan keluarga di mana-mana," ungkap pihak Nickelodeon.

"Karakternya yang benar-benar asli dan dunia Bikini Bottom akan abadi sebagai pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi tanpa batas," tambahnya.

SpongeBob terbukti mampu menyihir penonton usia 12 tahun ke bawah hingga akhirnya memiliki banyak penggemar. Bahkan penonton yang sudah berusia tua juga tertarik untuk menonton.

stephen hillenburg YouTube

foto: Nickelodeon

Kepopuleran karakter SpongeBob tentunya tidak lepas dari ide cerdas Hillenburg. Stephen Hillenburg lahir pada 21 Agustus 1961, di Fort Sill di Lawton, Okla, tempat di mana ayahnya tinggal. Sedangkan ibunya, Nancy (Dufour) Hillenburg, mengajar siswa tunanetra.

Hillenburg lulus dari Humboldt State University di California pada tahun 1984 dengan gelar sarjana dalam bidang perencanaan dan interpretasi sumber daya alam, dengan penekanan pada sumber daya laut. Dia kemudian mengajar biologi kelautan di Orange County Marine Institute (sekarang Ocean Institute) di Dana Point, Calif.

Ia selalu tertarik untuk menggambar. Ia lalu melanjutkan pendidikan di jurusan animasi eksperimental di Institut Seni California. Hillenburg kemudian menerima gelar master seni rupa di sana pada tahun 1992.

Dari tahun 1993 hingga 1996, Hillenburg menjadi seorang penulis dan sutradara pada seri Nickelodeon 'Kehidupan Modern Rocko'. Ia bekerja bersama orang-orang yang nantinya membantunya mengembangkan karakter SpongeBob, termasuk Tom Kenny, yang memberikan suara khas untuk karakternya. Dalam sebuah wawancara tahun 2001 dengan The Washington Post, Hillenburg menggambarkan bagaimana spons kuning yang terkenal itu muncul.

"Spons adalah hewan lucu untuk menjadi pusat perhatian. Awalnya saya menggambar beberapa spons alami seperti bentuk amorf, gumpalan, yang menjadi hal wajar untuk dilakukan seorang guru ilmu kelautan. Lalu saya menggambar spons persegi, dan itu tampak sangat lucu. Saya pikir, sejauh bahasa kartun, dia lebih mudah dikenali. Dia sepertinya cocok dengan tipe karakter yang saya cari, yaitu eksentrik dan agak bersih," terangnya.

Kesuksesan kartun SpongeBob membuat Hillenburg mendapat tawaran untuk mengangkatnya ke layar lebar. Namun pada awalnya, Hillenburg enggan untuk melakukan hal itu. Hingga kemudian ia berubah pikiran dan akhirnya pada tahun 2004 'The SpongeBob SquarePants Movie' hadir di layar lebar dengan disutradarai oleh Mark Osborne.

Film ini menghasilkan sekitar USD 140 juta atau sekitar Rp 2 triliun dari seluruh dunia. Seakan belum puas dengan film pertama, film SpongeBob yang kedua dirilis pada tahun 2015 dengan judul The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water. Di film kedua ini Hillenburg menjadi produser eksekutif. Film kedua pun sukses berat hingga memperoleh pendapatan yang fantastis, yaitu sekitar USD 325 juta.

stephen hillenburg YouTube

foto: YouTube/Nickelodeon

Di kehidupan pribadinya, Hillenburg mempunyai seorang istri bernama Karen (Umland) Hillenburg. Dari hubungannya itu, ia dikaruniai seorang putra bernama Clay Hillenburg yang kini sudah berusia 20 tahun.

Karakter SpongeBob memang begitu fenomenal di seluruh dunia. Tak heran jika kini banyak pihak begitu suka menyematkan karakter SpongeBob di berbagai macam produk. Meski sang pencipta sudah meninggal, namun karyanya yang mampu menghibur dunia akan terus dikenang selamanya.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more