×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Stan Lee meninggal dunia, ini 11 jejak kariernya bersama Marvel

View Image

0

BRILIO » Sosok

Stan Lee meninggal dunia, ini 11 jejak kariernya bersama Marvel

Ia menghabiskan kariernya untuk menggambar bahkan sebelum Marvel berdiri.

13 / 11 / 2018 11:22

Brilio.net - Penulis dan editor legendaris perusahaan komik dan film Marvel, Stan Lee, meninggal dunia. Sebelum mengembuskan napas terakhir, ia sempat dilarikan ke rumah sakit Cerdars Sinai Medical Center di Los Angeles, Amerika Serikat pada Senin malam (12/11) waktu setempat.

Dilansir brilio.net dari laman nytimes, kabar ini dikonfirmasi oleh pengacara putri Lee, Kirk Schenck. Meski begitu, belum diketahui penyebab meninggalnya Lee. Tak lama setelah melewati pemeriksaan medis, ia dinyatakan meninggal pada usia 95 tahun.

Bagi pecinta komik dan film Marvel, nama Lee dianggap lebih besar dari sekadar penulis atau pencipta tokoh. Ia adalah legenda serta 'wajah' dari Marvel itu sendiri. Kehadiran Spider-Man, Iron Man, Hulk, Doctor Strange dan tokoh besar Marvel lainnya tak lepas dari kontribusinya. Ia yang menciptakan, mendesain serta membuat besar nama dari tokoh buatannya tersebut.

"Stan Lee merupakan sosok yang luar biasa seperti tokoh yang ia ciptakan. Lee punya kekuatan untuk menginspirasi, menghibur dan menyatukan orang lewat karakter yang ia buat, ujar Ketua dan CEO Disney, Bob Iger.

Tentu ini menjadi pukulan untuk Marvel dan juga pecintanya. Ia menghabiskan kariernya untuk menggambar bahkan sebelum Marvel berdiri. Untuk itu, Lee punya jejak karier yang panjang bermasa Marvel semasa hidupnya.

Loading...

Berikut ini kumpulan jejak karier Stan Lee bersama Marvel, seperti dirangkum brilio.net dari beberapa sumber pada Selasa (13/11).

1. Memulai karier di perusahaan komik sejak tahun 1939.

jejak karier stan lee © berbagai sumber

foto: hollywoodreporter.com

Stan Lee sudah mulai berkarier di perusahaan komik sejak tahun 1939. Pria kelahiran tahun 1922 ini mengawali kariernya di divisi komik majalah pulp dan buku Martin Goodman sebagai asisten. Itu saja berkat bantuan pamannya, Robbie Solomon. Perusahaan ini nantinya jadi cikal bakal Marvel Comics.

2. Debutnya menulis cerita Captain America.

jejak karier stan lee © berbagai sumber

foto: foxnews.com

Debut proyek komik pertamanya adalah menulis cerita Captain America nomor 3 yang diberi judul 'Captain America Foils the Traitor's Revenge'. Komik tersebut dirilis pada Mei 1941. Captain America sendiri menjadi karakter superhero pertama yang dibuat oleh perusahaan Martin Goodman. Lalu kemudian Captain America menjadi salah satu tokoh ikonik yang dimiliki Marvel hingga sekarang.

3. Bukan nama asli, Stan Lee adalah nama samarannya dalam berkarier.

jejak karier stan lee © berbagai sumber

foto: Instagram/therealstanlee

Penulis atau komikus selalu punya nama samaran untuk kepentingan publikasinya. Hal itu juga berlaku untuk Stan Lee. Ya, namanya itu ternyata juga samaran. Nama asli pria asal New York ini adalah Stanley Martin Lieber. Ia resmi menggunakan nama Stan Lee pada tahun 1941 saat debutnya menulis Captain America.

4. Perusahaannya berganti nama menjadi Atlas Comics dan Stan Lee lebih banyak menciptakan tokoh superhero.

jejak karier stan lee © berbagai sumber

foto: Instagram/therealstanlee

Pada pertengahan tahun 1950, perusahaan Martin Goodman mulai dikenal sebagai Atlas Comics. Pada saat itu Stan Lee diminta untuk lebih banyak membuat karakter atau tokoh superhero. Sebab, pada waktu itu DC yang menjadi saingannya mulai melejit kembali setelah sukses lewat tokoh Flash yang didukung dengan tim super Justice League of America.

Merespons saingannya tersebut, Lee mulai lebih banyak menciptakan sesuatu yang beda. Kalau biasanya superhero dikenal sosok yang idealis dan sempurna, Lee membuat kebalikannya. Ia membuat karakter pahlawan super lebih natural dengan memberi 'bumbu' seperti sikap antagonis, melankolis dan sombong. Pokoknya dibuat lebih manusiawi.

5. Fantastic Four, tim pahlawan super pertama ciptaan Stan Lee.

jejak karier stan lee © berbagai sumber

foto: Instagram/therealstanlee

Fantastic Four mungkin gagal mengambil hati fans Marvel di layar lebar. Tim yang diisi oleh empat tokoh berkekuatan super ini masih kalah populer dari film besutan Marvel lainnya seperti The Avengers dan X-Men. Tapi tahukah kamu ternyata tokoh Mister Fantastic, Invisible Woman, Human Torch dan The Thing adalah tim pahlawan super pertama ciptaan Lee?

Fantastic Four ini dibuat untuk menandingi tim superhero DC. Benar saja, berkat Fantastic Four, popularitas Atlas Comics yang kemudian dikenal sebagai Marvel ini menanjak naik.

6. Pelopor berdirinya Marvel Comics.

jejak karier stan lee © berbagai sumber

foto: Instagram/therealstanlee

Pada tahun 1961, Atlas Comics resmi berganti nama menjadi Marvel Comics. Ini tak luput dari usaha Stan Lee untuk ingin terus mengembangkan persaingan di industri komik yang diramaikan oleh kesuksesan pesaingnya, DC. Sejak saat itu hingga tahun 1969, Marvel telah menerbitkan 831 buku komik di mana hampir semuanya dibuat oleh Stan Lee.

7. Pencipta tokoh komik populer seperti Spider-Man, X-Men dan Hulk.

jejak karier stan lee © berbagai sumber

foto: Instagram/therealstanlee

Menerbitkan 831 buku dalam kurun waktu delapan tahun, membuat Lee harus banyak berinovasi. Bukan cuma dari segi alur cerita, tapi juga dari pengembangan tokohnya. Jika pada waktu itu Marvel sudah punya tokoh Captain America dan Fantastic Four, pada kurun waktu 1961-1969 muncul tokoh-tokoh baru. Ialah Spider-Man, X-Men dan Hulk.

8. Bekerja sama dengan Jack Kirby dan Steve Ditko, Stan Lee menciptakan tokoh-tokoh ikonik.

jejak karier stan lee © berbagai sumber

foto: Instagram/therealstanlee

Usaha Stan Lee untuk menciptakan berbagai karakter superhero tentu tak sendirian. Ia dibantu dengan Jack Kirby yang merupakan komikus, editor serta penulis senior, juga dengan Steve Ditko, komikus andal asal Amerika Serikat.

Berkat kerja sama ketiga orang ini lalu muncul tokoh-tokoh seperti Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, X-Men, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor dan pahlawan-pahlawan super lainnya.

9. Memutuskan berhenti untuk menulis.

jejak karier stan lee © berbagai sumber

foto: Instagram/therealstanlee

Setelah 31 tahun memulai dari bawah bersama Marvel, Stan Lee memutuskan untuk berhenti menulis rutin tiap bulan. Keputusan tersebut diambilnya pada awal tahun 1970. Cerita komik terakhir yang ia tulis adalah Amazing Spider-Man seri 110 (1972) dan Fantastic Four seri 125 (1972).

Sejak saat itu Lee bukan lagi seorang penulis ataupun komikus. Ia kemudian dianggap sebagai 'wajah' dari Marvel. Bagi pecinta Marvel, sosoknya bukan lagi sekadar orang di balik berdirinya tokoh-tokoh Marvel. Tapi ia juga merupakan identitas dari perusahaan itu sendiri.

10. Sering muncul sebagai cameo di film, animasi serta game buatan Marvel.

jejak karier stan lee © berbagai sumber

foto: Instagram/therealstanlee

Meski sudah tak lagi berkontribusi lewat penulisan cerita atau penggambaran tokoh, tapi Stan Lee masih sering muncul di dalam film layar lebar dan animasi buatan Marvel, meski hanya sebagai cameo. Penampilan terakhirnya di film Marvel adalah saat ia menjadi sopir bus yang ditumpangi Peter Parker di film Avengers: Infinity War. Ia juga tampil sebagai cameo dil film Deadpool 2.

11. Meninggal dunia di usia 95 tahun.

jejak karier stan lee © berbagai sumber

foto: wlox.com

Setelah puluhan tahun berkecimpung di industri komik dan film, Stan Lee menyudahi kariernya. Ia dinyatakan meninggal dunia pada usianya yang ke-95 tahun. Stan Lee yang sebelumnya dilarikan ke rumah sakit dinyatakan meninggal dunia setelah dilakukan pemeriksaan medis.

Selamat jalan, Lee.. Karyamu akan tetap abadi.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    100%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more