Brilio.net - Lulus kuliah biasanya menjadi momen yang membahagiakan bagi setiap mahasiswa. Ada yang menganggap ini adalah akhir dari proses belajar, tapi padahal tidak. Bisa jadi setelah lulus adalah awal dari sebuah perjalanan hidup.

Nah, seringkali para fresh graduate memang punya banyak pilihan. Ada yang bercita-cita membuka usaha sendiri, bahasa kerennya mau jadi entrepreneur yang kini lagi jadi tren. Tapi nggak sedikit juga yang berpikir untuk langsung mencari pekerjaan. Ini biasanya dilakukan mereka yang bermental karyawan.

Rhenald Kasali © 2016 brilio.net

foto: Rhenald saat berbagi pengalaman di acara pameran buku (Dok. Rumah Perubahan)-

Bagi mereka yang haus belajar, boleh jadi akan berusaha keras mencari beasiswa untuk meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi ada juga yang berpikir lebih sulit. Begitu lulus memilih menikah. Tentu ini opsi yang berbeda lagi.

Loading...

Tapi pernahkah kamu berpikir untuk lebih mengembangkan diri dan mengikuti program mentorship? Program inilah yang ditawarkan Guru Besar Universitas Indonesia, Rhenald Kasali lewat RKMentee. Sebagai orang yang memiliki segudang pengalaman dan jaringan yang luas, pendiri Rumah Perubahan ini ingin berbagi ilmu kepada anak-anak muda untuk berpikir jadi pemimpin.

"Saya ini ibarat jendela bagi anak-anak muda yang baru lulus. Mereka baru punya ilmu tapi belum punya jendela. Kita menyediakan jendela buat mereka agar bisa melihat dunia yang sebenarnya. Tujuannya agar mereka bisa membaca bahwa memimpin, menulis, dan bertemu banyak leader harus seperti ini praktiknya," kata Rhenald kepada brilio.net saat ditemui di acara Indonesia International Book Fair 2016, pekan lalu.   

Dalam program yang berlangsung selama 2 tahun ini, Rhenald yang kerap bertemu dengan para CEO perusahaan, pengusaha, tokoh masyarakat, dan media, untuk mengajarkan anak-anak muda untuk berinteraksi dan membantunya. Mereka bisa belajar dengan metode langsung praktik. Dalam enam bulan pertama dilakukan pengenalan sebelum penempatan dalam sebuah tim.

Rhenald Kasali © 2016 brilio.net

foto: Peserta RK Mentee serius mendengarkan materi yang disampaikan sang profesor (Dok. Rumah Perubahan)

"Mereka akan ikut saya langsung saat rapat dengan gubernur, komisaris dan direksi perusahaan, termasuk dalam membuat materi. Mereka akan saya perkenalkan dengan tokoh-tokoh, bahkan bisa ikut keliling Indonesia," ujar Rhenald.

Tapi juga bukan perkara mudah membongkar paradigma fresh graduate. Sebab, umumnya mereka yang baru lulus itu lambat, kaget, dan tidak mudah bergaul. Mereka pandai, tapi tidak mudah mendatangi orang. Wawasannya terbatas.

"Jadi sebaiknya setelah lulus ada pilihan mereka mau ngapain. Memang ada yang berpikir cari kerja, melanjutkan studi bahkan ada yang langsung mikirnya menikah. Cari kerja nggak gampang, Melanjutkan kuliah juga bukan perkara mudah. Apalagi milih langsung nikah, jelas ini opsi yang nggak main-main. Saya menjembatani mereka untuk mengubah itu. Saya ajari mereka cara membaca situasi," papar dia.

Tahun lalu, sejumlah tokoh ternama yang menjadi mentor di antaranya adalah Dahlan Iskan, RJ Lino, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Najwa Shihab, termasuk mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Hasnul Suhaimi dan beberapa guru besar di antaranya Komaruddin Hidayat.

Rhenald Kasali © 2016 brilio.net

foto: Kalau ini saat Ahok didaulat jadi mentor. Wuih, keren ya? (Dok. Rumah Perubahan)

Jadi jangan terburu-buru langsung lanjut sekolah begitu lulus kuliah. Nggak ada salahnya menempa diri dengan pengalaman dan memperkaya ilmu yang tidak bisa didapatkan di kelas lewat program RKMentee 2017. Tertarik ikut?