×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Raja Ali Haji sang Bapak Bahasa Indonesia yang jadi pemersatu bangsa

View Image

0

BRILIO » Sosok

Raja Ali Haji sang Bapak Bahasa Indonesia yang jadi pemersatu bangsa

foto: wikipedia.org, Tugassekolah.com

Digelari Pahlawan Nasional tahun 2004.

19 / 10 / 2017

Brilio.net - Bahasa Indonesia tidak muncul begitu saja ke permukaan. Harimurti Kridalaksana dalam buku Masa Lampau bahasa Indonesia: Sebuah Bunga Rampai mengatakan Bahasa Indonesia merupakan salah satu ragam dari bahasa Melayu. Dia juga mencatat, populernya bahasa melayu karena digunakan sebagai bahasa di pemerintahan administrasi kolonial. Perubahan menjadi bahasa Indonesia sendiri diawali sejak dicanangnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Banyak tokoh yang punya peran penting. Siapa saja mereka?

Salah satunya adalah Raja Ali Haji (RAH) yang dijuluki sebagai Bapak Bahasa Indonesia. Tokoh ini terkenal lewat karya sastranya Gurindam Dua Belas. Tak hanya itu, RAH juga membuat sebuah pedoman yang menjadi standar bahasa Melayu yang merupakan cikal bakal Bahasa Indonesia. Berkat jasanya, Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono memberikan gelar Pahlawan Nasional kepadanya pada 10 November 2004.

Raja Ali Haji © 2017 brilio.net-foto: wikipedia.org

RAH lahir di tahun 1808 di Selanggor. Arya Ajisaka dalam bukunya Mengenal Pahlawan Indonesia mengatakan dia dilahirkan di Pulau Penyengat yang berjarak kurang lebih 2 Km dari kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Loading...

RAH adalah putra dari Raja Ahmad dan cucu dari Raja Haji Fisabililah (saudara dari Raja Lumu, Sultan pertama dari Selangor). RAH juga merupakan keturunan dari prajurit Bugis yang datang di daerah Riau pada abad ke-16. Ayahnya sendiri bergelar Engku Haji Tua setelah melaksanakan haji ke Mekkah.

Dilahikan di keluarga yang terpandang membuat RAH tertarik dengan dunia sastra. Ayahnya, Raja Ahmad sangat menghargai pendidikan. Selain itu, RAH juga mendapat ilmu bahasa pada tahun 1822 saat mengikuti ayahnya pergi ke Betawi. RAH juga menimba ilmu di Mekkah sekaligus berhaji pada tahun 1828. Di Makkah, RAH belajar bahasa arab dan ilmu agama.

Dalam laman yang didedikasikan untuk biografi RAH, rajaalihaji.com, pujangga melayu ini sudah dipercaya menempati posisi pemerintahan yang cukup strategis. Pada tahun 1845, RAH menjadi penasehat agama di Kesultanan Riau-Lingga. Pada saat inilah RAH sangat produktif dalam menulis sastra, pendidikan dan kebudayaan.

Raja Ali Haji © 2017 brilio.net-foto: wikimedia.org

Karya terkenalnya, Gurindam Dua Belas lahir pada tahun 1846. Karya ini dipublikasikan oleh E. Netscher pada tahun 1854. Selain itu, Bustan al-Kathibin ditulis pada tahun 1857 di Betawi. Karyanya yang menjadi acuan bahasa melayu adalah Kitab Pengetahuan Bahasa, yaitu Kamus Loghat Melayu-Johor-Pahang-Riau-Lingga. Buku ini merupakan kamus satu bahasa pertama yang ada di Indonesia saat itu. Buku ini sendiri ditetapkan sebagai pedoman Bahasa Indonesia dalam Kongres Pemuda 28 Oktober 1928.

Raja Ali Haji © 2017 brilio.net-foto: dherdian.files.wordpress.com

Tanggal meninggalnya RAH masih banyak diperdebatkan. Dilansir dari laman biografinya, ada sumber yang menyatakan RAH meninggal pada 1872. Tapi ada juga yang menyatakan RAH meninggal di Pulau Penyengat pada 1873. Pujangga ini dikebumikan di pemakaman Engku Putri Raja Hamidah. Untuk mengenang jasanya, karyanya Gurindam Dua Belas diukir di batu nisannya.

Bahasa persatuan ini akan tetap dinamis berkembang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Sebagai generasi milenial kita harus bisa menghargai bahasa Indonesia. RAH sudah memberikan kontribusi besar terhadap bahasa Melayu yang menjadi cikal bakal bahasa Indonesia. Di tengah globalisasi ini, generasi muda harus bangga berbahasa Indonesia.

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    11%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    22%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more