Brilio.net - Menjadi seorang atlet profesional tentu sangat membanggakan. Apalagi mampu meraih prestasi olahraga yang mendunia, tentu dapat meningkatkan harkat martabat bangsa. Nama sang atlet pun akan makin dikenal dan dielu-elukan oleh para pendukung. Meskipun begitu, bukan berarti kesuksesan para atlet bisa didapatkan dengan mudah.

Ada yang harus berjuang mati-matian untuk bisa jadi seorang atlet. Entah itu berjuang karena kondisi ekonomi, terkena suatu penyakit, atau bahkan berjuang dengan cara yang unik agar bisa ikut dalam suatu pertandingan.

Perjuangan inilah yang sedang dilakukan oleh pelari yang juga atlet Olimpiade, Nicholas "Nick" Symmonds. Atlet asal Amerika Serikat ini "menjual" bahu kanannya dengan cara lelang di situs eBay. Pengiklan yang memberikan penawaran tertinggi sampai deadline waktu yang sudah ditentukan, bakal mendapatkan ruang sebesar 9 inci persegi (sekitar 23 sentimeter) di bahu kanan Nick Symmonds sebagai iklan.

"Iklan harus berbentuk logo, URL website, dan atau nama media sosial. Iklan tersebut akan dipajang di bahu saya sebagai tato sementara," ungkap atlet lari yang memiliki spesialis lari jarak menengah dengan jarak 800 dan 1.500 meter.

Aksi nekat yang dilakukan oleh Symmonds sebenarnya merupakan bentuk protes terhadap aturan bahwa sponsor pribadi atlet tak diperbolehkan muncul pada Olimpiade 2016 di Brasil. "Karena aturan kuno, dalam semua kompetisi diatur IAAF, USOC, dan IOC, saya akan dipaksa menutup bentuk iklan di tubuh saya kecuali logo pakaian saya dan produsen peralatan," tulis Symmonds di halaman penawaran eBay.

Loading...

Dampak dari aturan tersebut pastinya akan mengurangi investasi pada atlet. Selain itu, melalui lelang ini Symmonds juga berharap dapat meningkatkan kesadaran tentang peraturan tentang penempatan iklan selama Olimpiade, trek dan lapangan pertandingan.

Menurut laman Aplus, lelang yang berakhir pada 5 Mei ini telah menarik hampir 107 tawaran dan dibuka dengan harga mulai dari 99 sen. Symmonds juga mempromosikan lelang itu di Twitter bersama dengan hashtag #OwnYourSkin. Tak disangka hanya dalam dua hari angka lelang sudah mencapai USD 6.100.  

BACA JUGA: Terlahir buta, pria ini buktikan sukses jadi atlet rugby, inspiratif!

Sebelumnya Symmonds pernah melakukan hal yang sama untuk bahu kirinya pada Olimpiade 2012. Saat itu bahu kirinya laku USD 11.100 dibeli lembaga pemasaran Hanson Dodge. Kali ini, pemenang lelang adalah CEO T-Mobile, John Legere dengan harga USD 21.000.

Nick Symmonds © 2016 brilio.net

Saat ini Legere masih melakukan survei kepada para penggemar Symmonds melalui Twitter untuk bertanya tato apa yang seharusnya ditempatkan pada bahunya.

Sementara itu, induk organisasi cabang atletik AS sendiri baru akan melakukan seleksi 1-10 Juli mendatang untuk memilih tim. Symmonds belum pasti lolos ke Olimpiade, sehingga menginvestasikan USD 21.000 (sekitar Rp 279 juta) saat ini mengandung risiko. Tetapi, Symmonds merasa yakin lolos ke Olimpiade 2016. Pada dua Olimpiade sebelumnya 2008 dan 2012, Symmonds ikut berpartisipasi.