Brilio.net - Netizen di India baru saja mendapatkan hadiah yang mengejutkan untuk aktivitas online mereka. Pasalnya, mereka bisa mengakses layanan 4G secara gratis. Enak banget ya, kok bisa sih?

Hadiah tersebut diberikan oleh orang terkaya di India yang bernama Mukesh Ambani dalam layanan Reliance Jio yang dilaunching pada Senin (5/9) waktu setempat. Program tersebut memakan biaya sekitar Rp 262 triliun.

Netizen bisa menikmati layanan cuma-cuma tersebut hingga akhir tahun ini. Setelah itu, mereka akan dikenai biaya sekitar Rp 30.000 setiap bulannya. Murah banget kan?

Mukesh Ambani © 2016 brilio.net

"Apapun dan semua yang bisa diakses secara digital sifatnya harus digital," tuturnya kepada CNN sebagaimana dikutip oleh brilio.net, Rabu (7/9).

Dalam catatan CNN, Ambani sudah menginvestasikan uangnya untuk pembangunan 100.000 tower di seluruh India. Jumlah tersebut diprediksi bisa menjangkau 18.000 kota dan 200.000 desa di India. Jika sukses, pada Maret 2017 program tersebut bisa menjangkau 90% dari populasi India.

Mukesh Ambani © 2016 brilio.net

Invetasi Ambani memang bisa menjadi salah satu aksi nyata dalam memperbaiki infrastruktur internet di India. Terlebih melek internet di negara yang terkenal dengan industri Bollywood-nya ini tergolong rendah. Hanya satu di antara lima orang dewasa yang mempunyai akses internet. Selain itu, jaringan Wi-Fi untuk umum juga sangat sedikit.