Brilio.net - Prestasi sangat membanggakan kembali datang dari anak bangsa. Kali ini datang dari dunia sastra Indonesia. Penulis berbakat mantan mahasiswa Jurusan Filsafat, Universitas Gadjah Mada, Eka Kurniawan, mendapat nominasi untuk novelnya Lelaki Harimau (Man Tiger) dalam ajang The Man Booker International Prize 2016 yang diselenggarakan di Inggris.

Dilansir dari web resmi The Man Booker International Prize, Kamis (10/3), Eka Kurniawan muncul sebagai salah satu nominasi dengan Labodalih Sembiring, penerjemah novelnya tersebut ke dalam bahasa Inggris. Selain Eka, terdapat 12 penulis lain dari berbagai negara seperti Angola, Italia, Prancis, Jepang, dan China.

The Man Booker International Prize adalah penghargaan sastra internasional yang diselenggarakan di Inggris. Dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2015, penghargaan ini diberikan setiap dua tahun untuk seorang penulis  yang masih hidup yang karyanya telah tersedia dalam bahasa Inggris. Jadi, seorang penulis akan masuk nominasi didampingi dengan penerjemah mereka.

Kita patut berbangga akan prestasi Eka Kurniawan tersebut, karena ini pertama kalinya penulis Indonesia mendapat nominasi The Man Booker International Prize. Penganugerahan penghargaan tersebut rencananya akan diberikan pada 16 Mei 2016 mendatang, semoga nama Eka Kurniawan disebut sebagai pemenang dalam ajang tersebut.

Loading...