Brilio.net - Ridwan Kamil kembali mengeluarkan gebrakan baru untuk pembangunan infrastruktur di Bekasi, Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat yang dilantik pada awal September ini berencana untuk membangun Kanal Cikarang.

Gagasan pembangunan Kanal Cikarang ini ditujukan sebagai jalur tranportasi alternatif untuk mengangkut kontainer-kontainer dari pelabuhan Tanjung Priok ke Jakarta dan sekitarnya. Kanal Cikarang nantinya akan menghilangkan aktivitas 4.000 truk kontainer yang setiap hari melewati jalur tol.

Harapannya, tentu hal ini akan mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di jalur tol Bekasi-Jakarta dan menjadi solusi terbaik bagi semua pihak. Rancangan inovasi terbaru dari pria yang akrab disapa Kang Emil ini dilontarkan melalui akun Instagram pribadinya.

Dari unggahannya itu ia juga menyebut bahwa kini sedang dilakukan penelitian lebih lanjut jika nantinya Kanal Cikarang dapat digunakan sebagai jalur angkutan penumpang manusia menuju Jakarta.

kanal Cikarang ala Ridwan Kamil  © 2018 Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"KEMACETAN di jalur tol bekasi-Jakarta akan drastis dikurangi dengan inovasi KANAL CIKARANG (Inland Waterway Cikarang Bekasi Laut). Inovasi ini adalah membuat kanal lebar dari laut yang masuk ke daratan agar kontainer2 bisa diangkut lewat jalur air ketimbang lewat tol menuju Tanjung Priok. _______ Ini akan menghilangkan aktivitas 4000 truk kontainer tiap hari yang masuk tol. Semoga inovasi ini menjadi solusi untuk semua pihak. Sedang distudi apakah Kanal Cikarang ini bisa juga sebagai jalur angkutan penumpang manusia menuju Jakarta. Mohon doanya. Hatur Nuhun. #JABARJUARA," tulis Kang Emil pada caption seperti dikutip brilio.net, Jumat (28/9).

Inovasi untuk mengurangi kemacetan itu rupanya menuai beragam komentar dari warganet. Banyak yang mendoakan agar hal itu dapat segera terealisasi. Tidak sedikit juga yang memuji inovasi ciptaan Kang Emil tersebut.

"Semoga bisa segera terealisasi... amiiin," komentar akun @muchamad_hartanto.

"Mantap kang @ridwankamil Moga terealisasi," ungkap akun @prazmanan2021.

"Sehat selalu pak @ridwankamil agar inovasi yg brilian ini bisa terlaksana..," tulis akun @manise_alamo.mc.

"Mantap sekali idenya pak @ridwankamil JUARA bgt !! Smoga terialisasi...," ujar akun @adiwibowo_07.

"Luar biasa inovasi nya kang @ridwankamil , bangun Jabar mulai dari pinggiran ya kang," tambah akun @cang.cut_teles.