Brilio.net - Hobi mengumpulkan barang unik ternyata dimiliki oleh sederet politisi Tanah Air. Mereka memiliki kebiasaan mengoleksi berbagai benda unik sejak sebelum menjadi pejabat. Tercatat hobi tersebut telah ditekuni politisi Tanah Air hingga puluhan tahun. Tak banyak yang tahu jumlah koleksi benda unik itu ada yang mencapai ribuan.

Apa sajakah koleksi benda unik milik politisi kondang Indonesia? Berikut koleksi unik milik politisi Indonesia yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Minggu (21/1).

1. Joko Widodo koleksi sepeda motor

koleksi politisi © 2018 brilio.net

foto: biro pers setpres

Loading...

Presiden Joko Widodo membeli motor gede karya anak bangsa. Sepeda motor Chopper berwarna emas ini dibuat oleh Elders Garage. Motor tersebut seharga Rp 140 juta. Setiba di Istana Negara Bogor, Joko Widodo langsung mengabadikannya dalam foto-foto motor unik itu.

2. Bambang Soesatyo koleksi mobil

koleksi politisi © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@bambang.soesatyo

Selain Joko Widodo, muncul nama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo. Politisi yang akrab disapa Bamsoet ini memiliki beberapa koleksi mobil mewah. Bamsoet kerap mengunggah koleksi mobil mewahnya di akun Instagram pribadinya. Mobil merek ternama seperti Lamborghini, Ferrari, Hummer, hingga mobil listrik Tesla jadi koleksi politisi asal Partai Golkar ini.

3. Fadli Zon koleksi keris

koleksi politisi © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@fadlizon

Wakil Ketua DPR Fadli Zon juga memiliki koleksi unik. Sejak lama Fadli Zon memiliki ketertarikan dengan benda pusaka keris. Fadli Zon pun memiliki koleksi keris hingga 1.000 keris. Politisi Partai Gerindra ini mengoleksi keris sejak tahun 1998. Harga keris yang dibeli Fadli Zon pun beragam mulai dari Rp 200 ribu hingga jutaan rupiah.

4. Hendrawan Supratikno koleksi gantungan kunci

koleksi politisi © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Politisi PDIP, Hendrawan Supratikno memiliki kebiasaan unik. Pria 57 tahun ini memiliki kegemaran mengoleksi gantungan kunci. Tak sembarangan gantungan kunci, Hendrawan kerap mengumpulkan gantungan kunci yang diperoleh dari berbagai negara. Jumlah koleksi gantungan kunci Hendrawan pun telah mencapai ratusan buah.

5. Syaifullah Tamliha koleksi tanduk kijang

koleksi politisi © 2018 brilio.net

foto: wikidpr.org

Anggota DPR Syaifullah Tamliha juga memiliki barang koleksi yang unik. Syaifullah memiliki sejumlah koleksi benda langka dari bumi kelahirannya, Kalimantan. Salah satu koleksi yang menarik adalah tanduk kijang. Politisi PPP ini mendapatkan tanduk kijang tanpa membunuhnya. Bukan hanya itu, Syaifullah juga memiliki koleksi keris yang usianya 400 tahun.