Brilio.net - Kecintaan seseorang terhadap gambar dapat dituangkan dalam beberapa media. Salah satunya adalah seni tato. Rajah tubuh ini dulunya identik dengan kriminal dan anak jalanan, namun semakin berkembangnya zaman, tato justru menjadi seni yang sangat diminati anak muda.

Salah satunya, Shiddiq Machmud (24 tahun) yang menjadi tattoo artist. Pekerjaan itu diawali dari kecintaannya menggambar. Kini, dia fokus mengembangkan seni tato di salah satu studio milik sahabatnya. Sebelum bergabung dia sudah lebih dulu menekuni profesi tattoo artist.

"Awalnya dikenalin, akhirnya gabung. Di sini saya sudah hampir 2 tahun," ujar pria yang secara keseluruhan sudah 5 tahun menekuni profesi ini kepada brilio.net, Jumat (17/3).

Menurut pemilik akun Instagram @shiddiqmachmud itu, tato ini peluang yang sangat besar, karena dari hobi bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Meski telah berjalan selama lima tahun, pekerjaan yang dimilikinya ternyata terkadang menemui kendala.

"Yang susah itu saat covering, jadi kami harus tutup tato lama dengan tato yang baru. Kendalanya, kadang gambar tato baru tidak memungkinkan tato yang lama. Ya, kadang klien ada yang ngerti ada yang tidak, tapi kami selalu beri pengertian," paparnya.

Loading...

Dalam sehari, Shiddiq mengaku bisa membuat tato kepada 15 orang bila gambarnya kecil, tapi bila gambarnya besar, hanya dua orang saja dan bisa memakan waktu hingga 6 jam.

Awalnya, hobi yang menjadi mata pencaharian tersebut tidak di restui orangtuanya. Bahkan kedua orangtuanya sempat terkejut saat melihat tato pada tubuhnya.

"Pertamanya sih kaget, tapi mau gimana lagi kalau dihilangkan juga hasilnya tidak akan sempurna. Dari pada minta izin mending minta maaf," pungkasnya.