Brilio.net - Nama penyanyi muda Kayla Dias mungkin masih terdengar asing di telinga banyak orang. Maklum, penyanyi bernama lahir Dias Sekar Nabila ini memang tergolong pendatang baru di belantika musik Tanah Air.

Tapi, soal suara jangan diragukan lagi. Penyanyi berusia 16 tahun asal Semarang ini punya suara yang khas. Bahkan disebut-sebut ia memiliki karakter perpaduan suara antara Raisa Andriana dan Anggun C Sasmi. Namun Kayla punya karakter tersendiri.

Musikalitasnya pun sangat mumpuni. Bisa dimaklumi sih mengapa Kayla, begitu penyanyi kelahiran Jakarta 6 November 2002 ini biasa disapa, punya karakter suara yang ciamik.

Nah seperti apa ya sosok Kayla yang disebut-sebut sebagai wujud perpaduan Raisa dan Anggun C sasmi ini? Berikut 7 fakta tentang Kayla, musisi muda berbakat yang siap meramaikan belantika musik tanah air.

1. Menghabiskan masa kecil dan remaja di dua kota

Loading...

Kayla Musik © 2019 brilio.netinstagram @musikkayla

Cewek yang menghabiskan masa kanak-kanak hingga remajanya di Medan dan Semarang ini sudah mengenal dunia tarik suara sejak berusia dua tahun. Ketika itu, ia sering bernyanyi di TK. Hanya saja kerap dibisiki dari belakang karena nggak hafal lirik. Hanya tahu lagunya saja.

2. Menulis single pertama saat berusia 14 tahun

Kayla Musik © 2019 brilio.netinstagram @musikkayla

Untuk memperdalam kemampuan bermusiknya, Kayla pun mengasahnya dengan belajar menguasai instrumen musik seperti gitar dan piano. Keseriusan Kayla pada musik pun dia wujudkan dengan menulis lagu sendiri The Untold dan Terserah saat ia berusia 14 tahun. Ia juga merilis single pertamanya berjudul Bila pada 2016 yang diputar di beberapa radio Semarang. 

3. Namanya mulai dikenal publik

Kayla Musik © 2019 brilio.netinstagram @musikkayla

Dua tahun berselang, Kayla kembali merilis single kedua berjudul Tak Bersyarat. Lagu ini pun sukses melambungkan namanya sebagai penyanyi muda di Semarang. Dia pun kerap mengisi konser musik serta pentas seni baik tingkat sekolah maupun Kampus.

4. Merilis dua single terbaru sekaligus

Kayla Musik © 2019 brilio.netBrilio.net/yani andryansjah

Mahasiswa Universitas Monash Jakarta ini tak ingin setengah-setengah dalam bermusik. Buktinya tahun ini ia kembali merilis dua single sekaligus, The Untold  dan Terserah yang notabene karya sendiri. Kedua lagu ini sudah dia ramu sejak usianya 14 tahun.

“Bikinnya sudah dua tahun lalu. Itu juga nggak lama. The Untold cuma setengah jam pakai piano gitu. Awalnya nggak kepikiran buat dirilis. Tapi akhirnya dirilis juga tahun ini,” ujar Kayla sebelum melakukan konser mini di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Jakarta baru-baru ini.

5. The Untold, lagu berbahasa Inggris

Kayla Musik © 2019 brilio.netBrilio.net/yani andryansjah

Single The Untold yang resmi diluncurkan sejak 14 Februari 2019 lalu itu benar-benar sebagai bukti kemampuan musikalitas total Kayla. Lagu yang menggunakan lirik berbahasa Inggris ini berkisah seputar seseorang yang menutup hati dari kehidupan asmara gara-gara sering tersakiti. Karya-karya Kayla kerap terinsiprasi pengalaman pribadi dan orang-orang terdekatnya yang kemudian dia olah menjadi sebuah alur cerita yang utuh.

“Sebenernya pada saat itu nggak kepikiran nulis lagu. Entah kenapa keluarnya bahasa Inggris. Karena dari kelas 6 SD sudah sekolah di internasional. Aku juga lebih terbiasa dengan bahasa Inggris dan jujur waktu itu nggak kepikiran tren,” kata Kayla.

6. Melibatkan sederet musisi ternama

Kayla Musik © 2019 brilio.netBrilio.net/yani andryansjah

The Untold diproduseri dan diaransemen Indra Aryadi dengan melibatkan sederet musisi ternama seperti Indro Hardjodikoro, Krishna Balagita  dan Jean Phialsa. Lewat para musisi ini, The Untold dipoles menjadi lebih ciamik.  

Sedangkan Terserah yang bertempo lambat dirilis awal Maret, berkisah tentang kisah cowok yang mengejar cinta. “Lagu ini menceritakan seorang cowok yang mengejar cewek bertahun lamanya. Pas sudah mau diterima, hanya karena LDR hubungan mereka berhenti,” kata Kayla.

7. Bikin kagum musisi jazz

Kayla Musik © 2019 brilio.netinstagram @musikkayla

Indro awalnya tak percaya jika The Untold itu karya penyanyi berusia belia. Indro berpikir awalnya bakal mendapat lagu remaja. Tapi begitu mendengar lagunya, ia pun kagum dengan talenta Kayla. Indro juga nggak menyangka Kayla punya kualitas suara yang matang.

“Begitu selesai, saya pikir The Untold yang paling oke dan cocok dari musik dan melodinya. Bener-bener beda dan nggak nyangka bisa mengekspresikan lagu,” kata Indro menilai dua single baru Kayla.

8. Soal jam terbang

Kayla Musik © 2019 brilio.netinstagram @musikkayla

Indro yakin Kayla bisa memiliki potensi yang cukup besar di dunia musik. Sebab dia sudah memiliki basic dan talenta yang mumpuni. Selain itu, Kayla menurut Indro punya musik otentik sendiri. Saat ini Kayla hanya butuh jam terbang untuk membentuknya menjadi penyanyi dewasa yang matang.

“Jam terbang itu akan melatih mental dan kualitas bermusik Kayla. Semakin sering berkarya, dia akan makin berpotensi di dunia musik,” tutur Indro.

9. Gelar konser mini pertama di Jakarta

Kayla Musik © 2019 brilio.netinstagram @musikkayla

Nah konser mini yang digelar di GIK pada 19 Maret lalu itu juga sekaligus untuk menambah jam terbang Kayla menampilkan karya-karyanya di hadapan audience. Dalam konser itu Kayla menyanyikan sembilan lagu, salah satunya bergenre jazz. Musik jazz juga sebagai tantangan baru bagi Kayla yang selama ini membawakan lagi-lagu bernuansa pop.

Saat ini Kayla fokus merilis karya sendiri. Tapi tak menutup kemungkinan meng-cover lagu musisi lain. “Doain saja agar aku terus berkembang menjadi seorang penyanyi,” harap Kayla.

Ia berharap karya-karyanya bisa diterima masyarakat khususnya anak-anak muda. Kayla ingin karyanya bisa memberikan hiburan dan kepuasan pada para pendengar.

Penasaran seperti apa lagu The Untold karya Kayla, nih saksikan deh videonya