Brilio.net - Sebagai anak muda yang selalu mengikuti perkembangan zaman, pasti sudah tidak asing lagi dengan media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Siapa sangka, sekarang ini kalau kita pintar memanfaatkan peluang, media sosial ternyata dapat menjadi lahan bisnis loh. Mulai dari berjualan hingga hanya sekadar mempromosikan atau biasa dikenal dengan sebutan buzzer.

Buzzer dalam artian sederhana adalah seseorang yang mempunyai pengaruh terhadap orang lain. Nah, karena mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, buzzer ini digunakan untuk menginfokan, mempromosikan, atau mengiklankan suatu produk atau jasa kepada orang-orang. Pasti kalian yang mem-follow orang terkenal seperti artis atau selebtwit (orang yang terkenal dari tweet-tweetnya) di Twitter pernah beberapa kali membaca tweet dari mereka yang sedang mempromosikan suatu produk kan? Nah itulah yang disebut Buzzer.

Buzzer belakangan ini sangat marak kehadirannya di media sosial. Dari yang artis papan atas hingga orang biasa yang memiliki kemampuan kreatif dapat menjadi buzzer. Seperti halnya dengan Veranica (28 tahun), wanita asal Blora, Jawa Tengah, ini tak menyangka bisa menjadi buzzer, karena kepiawaiannya menciptakan ide-ide kreatif dan share di akun instagram miliknya (@veraveranica) kini dia dapat raup untung lewat media sosial miliknya.

BACA JUGA: Ayashaputri, buzzer cilik yang sisihkan penghasilan untuk sesama, top!

"Waktu itu aku berhenti dari kerjaanku, terus aku coba-coba bikin video tutorial DIY (Do It Yourself), karena aku memang hobi dan selalu ada ide DIY yang mau aku coba bikin/wujudkan. Aku berpikir untuk share tutorial ini ke akun media sosial aku (Instagram), biar bisa berguna dan menginspirasi juga buat orang lain. Kemudian ngga disangka-sangka, video aku di repost sama Indovidgram," ujarnya saat dihubungi brilio.net beberapa waktu lalu.

Vera mengatakan, sama sekali tidak menyangka bisa menjadi buzzer karena memang niat awalnya hanya ingin sharing dan berbagi tips soal dekorasi, tapi setelah di repost oleh Indovidgram respons dari masyarakat sangat bagus.

"Sejak itu followers aku semakin bertambah dan aku jadi makin rajin berkarya/ sharing skill aku di bidang Art, DIY dan dekorasi," tambahnya.

Selama dua tahun Vera menajadi seorang buzzer, ternyata banyak sekali keuntungan yang di dapat, selain mengumpulkan pundi-pundi uang, dia juga dapat bertemu dengan banyak teman yang memiliki skill atau kemampuan yang berbeda dan nantinya dapat melakukan sharing.

BACA JUGA: Salurkan hobi, PNS muda ini kini jadi buzzer terkenal, wow!

"Kalau nominal, aku nggak bisa sebutkan karena memang semua dari manajemen. Itu pun tidak nentu karena kalau ada job pasti dipilih kreator mana yang sesuai dengan bidangnya," paparnya.

Vera yang sudah memiliki lebih dari 35.000 followers ini mengaku masih menjalankan kegiatan buzzer ini. Tidak ada target apapun, karena memang dirinya mengaku tidak kepikiran sama sekali untuk menjadi buzzer.

"Aku mah jalanin saja seperti air mengalir. Tidak ada target apapun, paling kalau aku kan masih main di ranah Instagram, ke depannya aku mau main juga di YouTube," tukasnya.