Brilio.net - Peluang perempuan untuk mendapatkan tempat berkarya sebagaimana laki-laki sudah semakin nyata. Gender tidak lagi menjadi persyaratan untuk posisi pekerjaan tertentu. Yang dilihat adalah kemampuan yang dapat mengantarkan pada prestasi kerja. Pembedaan 'dunia pria' dan 'dunia wanita' perlahan mulai terkikis. Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menunjukkan persamaan hak tersebut.

Pada Rabu (5/4), Ida Fiqriah dikukuhkan secara resmi sebagai kapten pilot perempuan pertama di Garuda Indonesia. Direktur Operasi Garuda Indonesia, Capt. Novianto Herupratomo menyematkan Bar Caption rating Boeing B737-800 NG di kerah pakaian dinas Ida. Seremonial dilakukan di Gedung Garuda Sentra Operasi (GSO), Cengkareng.

Ida merupakan pilot perempuan yang telah berkarier bersama Garuda Indonesia sejak tahun 1999. Hingga kini terhitung kurang lebih 18 tahun. Dia memulai dengan posisi First Officer (FO) atau dikenal pula dengan kopilot. ida adalah lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug di Tangerang.

Ida Fiqtiah  © 2017 istimewa

Dulunya bernama Akademi Penerbangan Indonesia (API) lalu berubah menjadi Lembaga Perhubungan Udara (LPPU) dan berganti lagi menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP), sebelum menjadi STPI. Sekolah tersebut merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia. Ida telah menerbangkan berbagai jenis pesawat Garuda Indonesia, mulai dari Boeing B737-300/400/500, dan wide body Airbus A330-300/200.

Hingga tahun 2009, Ida menjadi pilot wanita satu-satunya di maskapai Garuda Indonesia. Kepadanya, dipercayakan pesawat besar Airbus 330 berpenumpang 300-an orang untuk diterbangkan ke seluruh penjuru dunia.

Insiden tergelincirnya Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Hasanuddin pada Juni 2015 yang dikopilotinya memang menjadi catatan, namun keahliannya mampu menutupi hal tersebut. Ketika itu dia bersama Command Capt. Nikodemus Elim menerbangkan Boeing 737-800NG PK-GFA, nomor penerbangan GA-618 rute Jakarta-Makassar.

Ida Fiqtiah  © 2017 istimewa

“Bukanlah suatu yang kebetulan jika pengukuhan ini bertepatan dengan akan diperingatinya Hari Kartini di seluruh Indonesia. Momen ini jelas menunjukkan bahwa Garuda Indonesia memberikan kesempatan yang sama bagi siapapun yang mampu menunjukkan kinerja terbaik bagi profesinya.

Kami harap dengan dilantiknya Ida Fiqriah menjadi Captain Pilot, dapat menjadikan dorongan motivasi bagi seluruh pilot perempuan lain di Garuda Indonesia,” kata Novianto Herupratomo seperti dikutip dari laman resmi Garuda Indonesia.

Saat ini Garuda Indonesia memiliki 30 pilot perempuan yang berkarya secara aktif. Sedang total pilot baik laki-laki maupun perempuan yang ada di Garuda Indonesia sebanyak 1.380 orang.