Brilio.net - Tindakan terpuji dilakukan oleh Joshua Coombes (29). Pria asal London yang berprofesi sebagai penata rambut ini sengaja meluangkan waktunya untuk berkeliling kota dan merapikan rambut pra gelandangan atau tuna wisma.

Aksi Josh ini dimulai tahun lalu. Kebiasaan Josh berinteraksi dengan orang di sekitar membuatnya terketuk untuk memberikan manfaat terhadap profesi yang ia geluti. Ia lalu memutuskan selalu membawa ransel berisi peralatan cukur dan berkeliling kota untuk memotong rambut dan merapikan penampilan para gelandangan.

"Ini mungkin tidak mengubah dunia mereka tapi mungkin mengubah cara mereka merasakan hidup di hari itu," kata Josh seperti dikutip brilio.net dari The Tab, Selasa (9/8).

Bagi Josh, potongan rambut sangat penting untuk memberikan keyakinan terhadap orang. Dalam sehari, Josh bisa memotong 5 hingga 10 orang di jalanan.

"Ketika sesuatu yang buruk terjadi di dunia, saya merasakan hal yang sama seperti orang lain: apa yang bisa saya lakukan, ini adalah masalah besar," ungkapnya.

Meski memotong rambut secara cuma-cuma di jalanan, tapi ia berusaha memberikan pelayanan layaknya saat ia memotong di salon. Di dalam ranselnya selalu terdapat tisu, kerah leher, dan berbagai peralatan memotong yang bisa digunakan tanpa aliran listrik.

Secara rendah hati, Josh pun memposting aktivitasnya di media sosial. Tujuannya untuk mengajak orang lain memberikan manfaat terhadap orang di sekitar. Ia gunakan tanda pagar (tagar) #DoSomethingFotNothing.

Diprakarsai oleh Josh pada 2015 lalu, aksi #DoSomethingFotNothing pun meluas berkat pemberitaan Huffington Post, The Telegraph, dan BBC.

Nah, berikut foto-foto aktivitas Joshua Coombes yang dilansir dari akun Instagramnya, Selasa (9/8).

1. Ini aksi Josh di jalanan.


2. Tak melulu bekerja, ia luangkan waktunya untuk aksi sosial.


3. Setiap tak bekerja, ia berkeliling kota untuk menawarkan potong rambut gratis untuk gelandangan.


4. Salut!


5. Ini hasilnya!


Dengan sepenuh hati Josh melakukannya, tindakan yang layak ditiru. KLIK NEXT untuk meneruskan melihat aksi Josh.

2 dari 2 halaman


6. Tentu mereka akan sangat senang karena menambah kepercayaan diri mereka.


7. Top deh buat Josh.


8. Virus sosialnya perlu ditiru banyak orang.