Brilio.net - Berbekal satu alat yaitu mesin ketik, seorang kakek bisa melukis dan membuat dunia terinspirasi. Ialah Paul Smith, pelukis legendaris yang karya-karyanya masih dikenal hingga saat ini. Lahir di Philadelphia pada 21 September 1921 namun dengan kondisi yang memprihatinkan. Sejak kecil, Smith telah menderita cerebral palsy yang parah.

Penyakit cacat otak itu membuatnya mengalami kesulitan berbicara dan menghambat mobilitasnya. Kondisi ini membuatnya tak mampu mengendalikan beberapa organ tubuh termasuk jari sehingga susah baginya untuk makan, mandi bahkan memakai pakaian sendiri. Smith juga tak bisa bersekolah seperti anak-anak lainnya. Namun rupanya Smith tetap berusaha keras untuk belajar sendiri dan mengekspresikan dirinya melalui seni.

Pada usia 15 tahun, Smith mulai bekerja dengan mesin tik untuk membuat lukisan dan perlahan-lahan memperbaiki teknik melukis sampai ia mampu menciptakan karya nyata. Saat mengetik, Smith menggunakan tangan kirinya untuk menenangkan satu tangan kanannya. Pasalnya ia tak bisa menekan dua tombol pada saat yang bersamaan, sehingga untuk membuat sebuah gambar menggunakan simbol-simbol di atas angka. Jadi gambar yang dibuat Smith dengan mesin ketik dibuat dengan karakter …. @#$%^&*()_.

Smith membutuhkan waktu 2-3 jam sehari untuk mengetik sambil mendengarkan musik klasik. Lambat laun Smith mampu menguasai teknik menggambar dengan mesin ketik seperti membuat shading, warna, dan tekstur sehingga membuat karyanya menyerupai pensil atau arang gambar.

Berjuang dengan cerebral palsy, butuh waktu 32 tahun bagi Smith untuk berjalan, belajar berbicara tapi entah bagaimana ia punya kemauan yang kuat untuk meningkatkan kemampuannya menciptakan karya seni. Dalam tujuh dekade, Smith telah menciptakan ratusan gambar indah dari sebuah mesin ketik.

Loading...

Sayangnya, seiring lanjut usia Smith menderita katarak yang cukup parah sehingga membuatnya harus berhenti untuk berkarya pada tahun 2004. Hingga akhirnya Smith meninggal dunia pada 24 Juni 2007 di Pusat Perawatan Rose Haven di Roseburg, Oregon.

Meski telah tiada, Smith tetap meninggalkan portofolio yang mengesankan yakni seni mesin tik. Tak percaya? Lihat deh karya lukisan Smith seperti yang telah brilio.net kutip dari Odditycentral, Selasa (28/6):

1. Smith menggunakan 10 tombol di mesin ketik untuk menciptakan potret wajah populer seperti The Mona Lisa.

lukisan mesin ketik © 2016 brilio.net

2. Lukisan hewan juga bisa diciptakan secara detail oleh Smith.

lukisan mesin ketik © 2016 brilio.net

3. Lanskap menakjubkan juga jadi salah satu karya seni Smith.

lukisan mesin ketik © 2016 brilio.net

4. Smith sungguh seniman yang luar biasa yang menggunakan media yang tak biasa untuk menciptakan karya seni.

lukisan mesin ketik © 2016 brilio.net

5. Saat mengetik, Smith menggunakan tangan kirinya untuk menenangkan satu tangan kanannya.

lukisan mesin ketik © 2016 brilio.net

6. Gambar yang dibuat Smith dengan mesin ketik dibuat dengan karakter …. @#$%^&*()_.

lukisan mesin ketik © 2016 brilio.net

7. Smith membutuhkan waktu 2-3 jam sehari untuk mengetik di mesin ketik.

lukisan mesin ketik © 2016 brilio.net

8. Hasilnya sungguh detail dan tampak seperti lukisan yang digambar dengan pensil.

lukisan mesin ketik © 2016 brilio.net

9. Smith mampu menguasai teknik menggambar dengan baik.

lukisan mesin ketik © 2016 brilio.net

10. Membuat shading, warna, dan tekstur sehingga membuat karyanya menyerupai pensil atau arang gambar.

lukisan mesin ketik © 2016 brilio.net