Brilio.net - Bahasa Inggris memang sejak lama menjadi bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi lintas negara. Tak ayal jika keberadaannya sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan, mulai dari persyaratan studi sampai penunjang karier.

Peluang inilah yang tampaknya dimanfaatkan dengan baik oleh seorang guru muda asal China, Zhu Wei. Pada tahun 2015 lalu, ia meluncurkan sebuah perusahaan kursus online belajar Bahasa Inggris.

Dilansir brilio.net dari Shanghaiist, Senin (16/1), awalnya, Zhu membuka 9 kursus live streaming selama dua jam dengan biaya 799 yuan (Rp 1,5 juta) per siswa. Tanpa diduga, peminat kursusnya mencapai 2.330 peserta. Jika ditotal, Zhu mendapatkan penghasilan USD 270 ribu atau sekitar Rp 3,6 miliar.

Sukses dengan program kursus tersebut, Zhu bersama timnya kemudian mengembangkan lima paket kursus lagi, dua diantaranya bahasa Korea dan Jepang. Dari paket tersebut, pendapatan Zhu melonjak menjadi Rp 21 miliar.

Angka penghasilan tersebut terbilang sangat fantastis jika dibandingkan pendapatan guru di sekolah umum. Sebagai perbandingan, guru di sekolah elit di Shanghai hanya berpenghasilan USD 17 ribu (Rp 226 juta) per tahun. Sedangkan gaji guru di AS mencapai USD 57 ribu (Rp 759 juta) per tahun.

Bahkan menurut Huffingtonpost, gaji guru tertinggi di dunia ada di Luxemburg dengan angka USD 79 ribu atau setara Rp 1 miliar per tahun. Angka tersebut tentu masih kalah jauh dengan pendapatan Zhu dari kursus online miliknya.

Nah, setelah melihat penghasilan menggiurkan dari kursus online tersebut, kamu tertarik mengikuti jejak kesuksesan Zhu?