Brilio.net - Pencarian terhadap jejak pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang pada Senin (29/10) akhirnya mulai menemukan titik terang. Pada pencarian hari ke-4 tepatnya Kamis (1/11), salah satu benda paling dicari (black box) kini sudah ditemukan oleh prajurit TNI AL bernama Sertu Hendra Syahputra.

Black box memang menjadi benda krusial usai terjadi kecelakaan pesawat. Pasalnya, black box ini terdiri dari dua bagian, yaitu Flight Data Recorder (FDR) yang berisi rekaman perjalanan pesawat, dan Cockpit Voice Recorder (CVR) yang menyimpan rekaman percakapan di kokpit. Sehingga, jika benda berwarna oranye ini ditemukan, petugas dapat mengetahui apa penyebab terjadinya kecelakaan pada pesawat dengan menggabungkan informasi dari dua bagian black box tersebut.

Black box kembali menjadi perbincangan hangat setelah terjadi kecelakaan. Selama ini black box menjadi andalan dunia penerbangan setelah kecelakaan pesawat terjadi. Namun, apakah kamu tahu siapa pecipta dari benda penting ini?

Pencipta black box adalah David Ronald de Mey Warren atau kerap disebut David Warren. David adalah seorang ilmuwan asal Australia yang lahir pada tahun 1925.

David Warren memiliki cerita di balik pembuatan black box.  Mau tahu seperti apa fakta lengkap tentang David Warren? Berikut brilio.net rangkum informasinya dari berbagai sumber pada Jumat (2/11).

1. David Warren pernah mengenyam pendidikan di Imperial College London, University of Sydney, dan University of Melbourne.

fakta penemu black box wikipedia

foto: wikipedia.org


2. Pernah menjadi dosen Kimia di University of Sydney pada 1947.

fakta penemu black box wikipedia

foto: sydney.edu.au


3. Pernah menjadi petugas peneliti di Woomera Rocket Range and Imperial College, London.

fakta penemu black box wikipedia

foto: imperial.ac.uk


4. Posisi sebagai ilmuwan riset utama di Laboratorium Penelitian Aeronautika, Melbourne, juga pernah dilakoni Warren.

fakta penemu black box wikipedia

foto: dst.defence.gov.au


5. Ayah Warren meninggal karena kecelakaan pesawat pada tahun 1934. Itu adalah kecelakaan pesawat pertama kali di Australia.

fakta penemu black box wikipedia

foto: alchetron.com


6. Warren diminta menyelidiki kecelakaan jet komersial pertama di dunia bernama Comet pada tahun 1953. Akhirnya Warren memberikan ide tentang perekaman suara pada kokpit.

fakta penemu black box wikipedia

foto: theconversation.com


7. Ide black box Warren ini baru bisa dianggap penting oleh dunia penerbangan setelah lima tahun lamanya.

fakta penemu black box wikipedia

foto: YouTube/DST Group


8. Warren meninggal pada 19 Juli 2010 di Melbourne, Australia.

fakta penemu black box wikipedia

foto: ABC_Black_Box.ogv


9. David Warren banyak mendapatkan penghargaan atas penemuannya. Bahkan, sekalipun ia sudah meninggal. Penghargaan terbaru diberikan oleh ICAO Edward Warner Award (2016).

fakta penemu black box wikipedia

foto: smhh.com.au