Brilio.net - Tak sedikit orang meremehkan kemampuan yang dimiliki oleh orang-orang yang masih muda atau yang berumur lebih muda. Bahkan beberapa orang tidak mau mendengarkan saran atau usul yang diajukan oleh mereka yang berusia lebih muda darinya. Mereka menganggap pengalaman hidup mereka belum mumpuni untuk melakukan sesuatu dengan benar.  

Namun, beberapa anak muda ini tak mau dianggap remeh dan menunjukkan kemampuannya di usia yang masih dini. Mereka membuktikan kepada dunia bahwa di usia belia juga dapat mencetak prestasi bahkan memecahkan rekor dunia. Beberapa di antara mereka bahkan menjadi seorang pendaki gunung everest termuda.

Penasaran dengan yang lainnya ? berikut orang-orang yang dijuluki sebagai yang termuda


1. Miliader termuda di dunia

rekor termuda © 2016 brilio.net foto: telegraph.co.uk

Pada usia 19 tahun, Alexandra Andresen telah mengumpulkan kekayaan sebesar 1,2 milyar USD atau setara Rp 16 triliun. Tahun 2016 ini Andresen dinobatkan oleh Forbes sebagai miliarder termuda dalam daftar tahunan mereka. Ia berada di urutan ke 1.476 dari 1.810 orang.

Andresen adalah keturunan dari keluarga yang mendapatkan kekayaan dari industri tembakau. Sang kakek buyut adalah pendiri pabrik rokok terkemuka di Norwegia pada tahun 1849. Pada tahun 2007, ayahnya, Johan H. Andresen, memberikan lebih dari 80% saham di Ferd Holdings kepada kedua putrinya. Selain karena kekayaannya ia juga dikenal sebagai atlet pacuan kuda.


2. Usia 2 tahun menjadi pemain atraksi cambuk

rekor termuda © 2016 brilio.net foto: Oddee.com

Pada usia 10 bulan, si kecil Logan Anderson, dari Mudgee, New South Wales, Australia, mulai menyukai atraksi cambuk atau whipcracking--membunyikan suara dari cambuk. 11 bulan kemudian, ia tercatat menjadi pemain atraksi cambuk termuda.

Setelah membuat kesan di kompetisi atraksi cambuk yang diikuti oleh kakaknya, Logan kemudian mendapat hak untuk mengikuti dan berkompetisi di kompetisi yakni nasional dan internasional di Royal Easter Show di Sydney Maret 2016. Ibunya, Alicia Anderson, teratur mengunggah video Logan di media sosial.


3. Psikolog termuda di dunia

rekor termuda © 2016 brilio.net foto: foxnews.com

Pada bulan Agustus 2015, remaja Meksiko yang berusia 13 tahun, Dafne Almazán menjadi lulusan psikologi termuda di dunia. Dia menjadi buah bibir di media sosial ketika Forbes menyebutnya sebagai salah satu perempuan berpengaruh di Meksiko.

Almazán, anak ajaib dari Meksiko ini dikabarkan tidak akan membuka tempat praktik dulu. Dia menerima gelar BA di bidang psikologi di kampus Institut Teknologi dan pendidikan tinggi Monterrey (ITESM) Kota Meksiko dan sekarang terdaftar dalam program master di almamaternya. Meskipun saat kelulusannya ia menjadi buah bibir, tapi tampaknya Almazán tak terpengaruh. "Saya tidak ingin melihat terlalu jauh ke depan," katanya. "Sekarang tujuan saya adalah untuk belajar dan nilai terbaik, serta saya ingin membantu anak-anak berbakat lain untuk mendapatkan hasil maksimal dari bakat mereka. "


4. Pelukis wajah termuda di dunia

rekor termuda © 2016 brilio.net

foto gulfnews.com

Saat berusia 9 tahun Haris Imtiyaz Khan berhasil mencetak rekor dunia menjadi seniman pelukis wajah termuda. Ia dapat melukis sebuah wajah hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Pemuda asal Pune, India, yang kini berusia 17 tahun dan bercita-cita menjadi arsitektur tersebut, mengaku suka menggambar sejak umur 3 tahun dan belajar secara otodidak. Ia pun beberapa kali menggelar pameran lukisan.

5. Barista termuda di dunia

rekor termuda © 2016 brilio.net foto: bustle.com

Umur bukan menjadi halangan untuk menjadi seorang barista. Tapi barista yang satu ini terbilang unik. Usianya terbilang masih sangat muda, empat tahun. Adalah Adler Webb tak hanya seorang bocah cilik biasa, balita berusia 4 tahun ini bisa menyeduh kopi dengan cekatan ditemani ayahnya Andrew Webb yang merupakan barista dan pemilik kedai kopi Bindle Coffee di Fort Collins, Colorado, Amerika Serikat.

Ketertarikan Adler terhadap kopi tertular dari sang ayah. Menurut Andrew, Adler sudah mengenal kopi sejak dia belajar merangkak. Saat ini ia tak hanya sudah bisa membuat cappucinonya sendiri, ia juga sudah belajar mengoperasikan coffee grinder, tamper, portafilter hingga mesin espresso, yang tentu saja masih dalam pengawasan ayahnya.

6. Perempuan termuda yang mendaki gunung everest

rekor termuda © 2016 brilio.net

foto: germmagazine.com

Pendakian tersebut berlangung pada 25 Mei 2014 lalu dengan menggunakan jalur dari China karena Pemerintah Nepal mengharuskan usia minimal bagi para pendaki ke Everest di usia 16 tahun. Sedangkan Malavath Purna, remaja asal India itu baru berusia 13 tahun.

Pendakian ini pun diverifikasi oleh Asosiasi Pendakian Gunung Tibet China di Lasha. Dengan rekor tersebut, menjadikan Poorna sebagai remaja perempuan termuda yang pernah mendaki Gunung Everest.

7. Pengembang game ponsel termuda

rekor termuda © 2016 brilio.net foto: wearyourvoicemag.com

Saat usianya menginjak 7 tahun Zora Ball berhasil menciptakan rekor dunia baru sebagai video programmer termuda sejagat.

Zora yang dikenal berbakat dalam program STEM (science-technology-engineering-math) berhasil menciptakan versi lengkap dari video game untuk aplikasi mobile. Aplikasi tersebut kemudian diluncurkan di pameran FATE's "Bootstrap Expo" yang diadakan oleh the University of Pennsylvania dan di sebuah konferensi di California.

Keberhasilan Zora sempat menuai kritik dari berbagai pihak yang curiga bahwa karya itu tidak dibuatnya sendirian, melainkan bersama kakaknya. Namun, keraguan itu langsung dipatahkan oleh Zora ketika dirinya menunjukkan cara mengkonfigurasi ulang aplikasi tersebut langsung di stand pameran.

8. Master Penman

rekor termuda © 2016 brilio.net foto: mentalfloss.com

Pada usia 30 tahun, Jake Weidmann merupakan Master Penman atau ahli menulis indah termuda di dunia dalam kurun waktu 3 dekade. Saat ini hanya 12 orang yang menyandang gelar tersebut.

Ahli menulis indah tersebut diakui oleh organisasi yang mempromosikan dan melestarikan kerajinan menulis tangan bernama International Association of Master Penmen, Engrossers, and Teachers of Handwriting (IAMPETH).