Brilio.net - Kematian adalah hal yang tidak dapat dihindari setiap orang. Duka mendalam pada setiap kematian tentu dirasakan kerabat yang ditinggalkan. Namun untuk beberapa kematian orang yang dianggap berjasa dan menginspirasi selama hidup, kepergiannya tidak hanya menjadi duka keluarga tapi menjadi duka seluruh warga dunia. Sebagaimana dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (13/6), berikut 7 tokoh dunia yang kematiannya menjadi duka warga dunia.

BACA JUGA: 10 Meme beda single dan jomblo bikin kamu manggut-manggut sendiri

1. John F Kennedy.

Kematian tokoh dunia © 2016 brilio.net

foto: www.immigrationdirect.com

Loading...

Berkarisma dan penuh dedikasi membuat John F Kennedy menjadi presiden AS paling dikagumi sepanjang masa. Sikap dan berbagai keputusan politik Kennedy yang banyak berpihak pada rakyat membuat resah lawan politiknya. Namun kisah hidup sahabat mendiang Presiden Soekarno ini harus berakhir tragis dalam peristiwa penembakan yang terjadi pada tahun 1963. Dunia berduka dan sangat kehilangan tokoh yang dicintai. Kennedy bersama istri dan anaknya dimakamkan di Arlington Nasional Cemetery.

2. Putri Diana.

Kematian tokoh dunia © 2016 brilio.net

foto: www.immigrationdirect.com

Putri Diana adalah sosok wanita yang dikagumi dunia. Posisinya sebagai istri dari Pangeran Charles membuat orang banyak iri padanya. Kecantikan Putri Diana menjadi pesona yang tidak terelakkan pada tahun 90an. Tidak hanya paras yang memesona, keramahan dan kerendahan hati ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry ini membuatnya banyak dikagumi.

Tahun 1997, berita duka datang secara tiba-tiba dan membuat penduduk dunia berkabung. Kecelakaan nahas merenggut nyawa Putri Diana. Selama beberapa hari setelah kematian tersebut, diberbagai dunia terpasang bendera setengah tiang sebagai tanda duka atas berpulangnya sang wanita pujaan. Biaya pemakaman Putri Diana mencapai Rp 128,5 miliar.

3. Marilyn Monroe.

Kematian tokoh dunia © 2016 brilio.net

foto: www.biografy.com

Cantik dan penuh kontroversi tidak dapat lepas dari sosok Marilyn Monroe. Meninggal di usia yang cukup mudah yaitu 36 tahun, membuat dunia sangat terkejut. Bagaimana tidak, artis Hollywood yang sedang berada di puncak karier tersebut ditemukan meninggal pada tanggal 5 Agustus 1962 karena diduga bunuh diri dengan menelan pil tidur berlebihan. Kematian penuh misteri membuat duka sangat kehilangan Monroe.

4. Whitney Houston.

Kematian tokoh dunia © 2016 brilio.net

foto: tribuneonlineng.com

Whitney Houston mengisi acara Pra Grammy Awards 2012 dengan begitu memukau. Tidak ada yang menyangka bahwa berselang beberapa hari setelah penampilan luar biasanya tersebut, mayat sang diva ditemukan tenggelam di Beverly Hilton Hotel pada 11 Februari 2012. Kepergian tiba-tiba pelantun I Will Always Love You ini menjadi duka dunia. Tercatat tiga jam setelah pengumuman kematiannya, Whitney Houston menduduki peringkat pertama dalam pencarian di Google dan jumlah penjualan lagunya langsung melejit. Ya, dunia menjadi mencari-cari karyanya serta berbagai ucapan duka membanjiri media sosial. Pemakaman mewah pun digelar dan dihadiri berbagai tokoh dunia lainnya demi mengantar Houston keperistirahatan terakhirnya.

5. Michael Jackson

Kematian tokoh dunia © 2016 brilio.net

foto: www.huffingtonpost.com

Duka dunia kembali berkecamuk saat legenda musik Pop, Michael Jackson mengembuskan nafas terakhirnya pada tahun 2009 dengan kondisi yang cukup mengenaskan. Tidak hanya fans pelantun You're Not Alone ini yang berduka, tapi penduduk dunia saat itu merasakan kesedihan yang mendalam. Penjualan musik dari Michael Jackson bahkan semakin meningkat setelah kematiannya dan menduduki posisi pertama di berbagai tangga lagu dunia. Berhari-hari berbagai postingan duka memenuhi lini masa hingga pada hari upacara kematian yang dihadiri ratusan ribu orang. Bahkan pemakaman sang idola menghabiskan dana hingga Rp 10,9 miliar. Ya, Michael Jackson memang membawa perubahan besar dalam industri dunia hal ini yang membuat karyanya tetap abadi.

6. Raja Abdullah bin Abdul Aziz

Kematian tokoh dunia © 2016 brilio.net

foto: www.okhlaheadlines.com

23 Januari 2015 menjadi hari penuh duka bagi warga Arab Saudi dan dunia. Tepat pukul satu pagi, Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz mengembuskan nafas terakhirnya. Wafat pada usia 90 tahun, Raja Abdullah menjadi kabar duka bagi dunia. Jasanya di berbagai kerja sama politik dan kemanusiaan membuat kepergiaannya banyak ditangisi. Berbagai sahabat dan presiden berbagai negara bahkan ikut melepas kepergian sang pemimpin besar dunia tersebut.

7. Muhammad Ali

Kematian tokoh dunia © 2016 brilio.net

foto: www.huffingtonpost.com

Dunia baru saja kehilangan atlet terbaiknya. Ya, Muhammad Ali meninggal dunia pada 3 Juni 2016. Kepergiaan atlet terbaik sepanjang sejarah ini membuat warga dunia sangat berduka. Sebelum kematiannya, Muhammad Ali memang dikabarkan sedang menderita Parkinson. Dalam acara pemakaman yang digelar 11 Juni 2016, ribuan orang memenuhi Kota Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, demi melepas kepergian Ali. Beberapa tokoh dunia juga hadir diantaranya mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton. Secara khusus Will Smith dan Mike Tyson bahkan menjadi pengangkut jenazah sang legenda.