Brilio.net - Perang Suriah telah memaksa jutaan penduduk Timur Tengah untuk mencari peruntungan di tempat lain. Menyelamatkan diri dari kacaunya perang membuat mereka tersebar ke banyak wilayah dengan kondisi seadanya. Melihat keadaan para pengungsi yang memprihatinkan membuat banyak orang tergerak untuk mengulurkan tangan, membantu dengan cara yang mereka bisa.

Berikut kisah orang yang pernah memberikan bantuan kepada para pengungsi Suriah, yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (30/6).

1. Pasangan Turki memberikan makan kepada 4.000 pengungsi suriah di hari pernikahannya.

sosok relawan © 2016 brilio.net

Dilansir dari telegraph.co.uk, pasangan Fethullah Üzümcüolu dan Esra Polat yang tinggal di Kilis, Turki mempunyai cara yang unik untuk merayakan pernikahan mereka. Pada tahun 2015 lalu mereka mengundang pengungsi suriah ke acara pernikahan mereka dan memberikan makanan kepada para pengungsi tersebut.

Loading...

2. Seorang miliarder yang ingin membelikan pulau untuk pengungsi.

sosok relawan © 2016 brilio.net

Miliarder Naguib Sawiris, ketua Orascom Telecom Media dan Teknologi Holding di Mesir, dalam postingan di Facebook ia akan membeli sebuah pulau untuk membantu meringankan krisis kemanusiaan yang berkembang di Eropa. Dilansir dari msnbc.com, Sawiris mengatakan ia telah mengidentifikasi dua pulau milik pribadi di Yunani, yang dapat digunakan untuk rumah para migran dan pengungsi dari Timur Tengah dan Afrika.

3. Gadis 8 tahun mengadakan galang dana untuk pengungsi Suriah.

sosok relawan © 2016 brilio.net

Seorang gadis berusia delapan tahun mengadakan upaya penggalangan dana untuk membantu pengungsi Suriah berupa makanan, tempat tinggal, air bersih, dan kebutuhan lainnya. Ini bukan acara penggalangan dana pertama yang dilakukan oleh Charlotte Tristan. Selama beberapa tahun terakhir, dia telah membuat video di YouTube dan mengumpulkan uang kurang lebih sebanyak USD 10.000 atau setara dengan Rp 132,5 juta.

Menurut ibunya, Heather Tristan, seperti yang dilansir dari usatoday.com, semuanya dimulai ketika keluarga mereka menyeponsori seorang gadis muda dari Mali. Berawal dari situ kemudian menimbulkan dampak yang berkesan di hati Charlotte.

4. Pasangan seleb ini mendonasikan USD 1 juta untuk menolong pengungsi Suriah.

sosok relawan © 2016 brilio.net

Komedian Inggris Sacha Baron Cohen dan istrinya Isla Fisher menyumbangkan USD 1 juta atau setara dengan Rp 13,2 miliar untuk membantu pengungsi Suriah.

Dikutip dari Dailymail.co.uk bintang film ini dan istri memberikan donasi sebanyak USD 500.000 atau setara dengan Rp 6,62 miliar kepada Save the Children untuk membayar vaksinasi campak untuk anak-anak di Suriah utara. Mereka juga menyumbangkan jumlah yang sama kepada International Rescue Committee (IRC) untuk membantu pengungsi Suriah (dan orang-orang di negara-negara tetangga) terkait perawatan kesehatan, tempat tinggal, dan sanitasi.

BACA JUGA: 10 Fakta unik MotoGP, satu pebalap berkeringat 2 liter/balapan

5. Seorang perempuan memberikan 3.000 gendongan bayi untuk pengungsi Suriah.

sosok relawan © 2016 brilio.net

Adalah Cristal Logothetis pernah bekerja di sebuah kamp pengungsi di Athena, dan melihat anak kecil menggendong bayi di dalam kerumunan ibu-ibu. Ia kemudian memberikan gendongan bayi untuknya dan menunjukkan bagaimana cara menggunakannya.

Melihat ekspresi senang sang anak tersebut membuatnya tersentuh dan memberikannya ide bagaimana cara membantu pengungsi yang lain. Ia membuat kampanye penggalangan dana bernama IndieGogo dan sebuah yayasan bernama Carry the Future, untuk membantu pengungsi Suriah serta pengungsi lainnya. Dilansir dari today.com pada bulan November 2015 lalu ia beserta temannya-temannya memberikan 3.000 gendongan bayi.