Brilio.net - Kazuo Ishiguro baru saja dinobatkan sebagai pemenang Nobel Literatur 2017. Dilansir dari laman resmi Nobelprize, Kazuo mengalahkan 195 kandidat lainnya. Kandidat ini disaring dari sebelumnya 240 proposal dari seluruh dunia.

Kazuo Ishiguro sendiri sudah memenangkan banyak penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan Booker pada tahun 1989 dengan novelnya 'The Remains of the Day'. Hmm, tapi siapa sih sebenernya sosok jenius ini? Kamu mau mengenal lebih dekat tentang Kazuo?

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (6/10), berikut 5 fakta menarik tentang Kazuo Ishiguro:

Loading...

1. Kazuo awalnya mengira berita tentang dirinya menang penghargaan nobel sebagai hoax.

ishiguro nobel 2017 © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@NobelPrize

Kazuo mengaku tidak menyangka dirinya menjadi pemenang penghargaan dari Swedia tersebut. Dilansir dari theguardian, dia malah mengira berita tersebut sebagai hoax.

"Berita itu sangat tidak saya sangka. Kalau tahu seperti ini, saya akan membasuh rambut pagi ini" ujarnya sambil tertawa.

2. Karyanya mendapat pujian dari dari pihak penghargaan nobel.

ishiguro nobel 2017 © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@NobelPrize

Kazuo dinobatkan menjadi pemenang Nobel Prize 2017 dengan pujian yang membanggakan. Karyanya dianggap 'mengungkap kekosongan di bawah ilusi indera dari koneksi dengan dunia'. Nobel juga melihat karya Kazuo didorong oleh 'kekuatan emosional yang kuat'.

3. Karyanya Never Let Me Go cocok untuk kamu yang ingin mengenal siapa Kazuo.

ishiguro nobel 2017 © 2017 brilio.net

foto: knopf.com

Kazuo menjelaskan bahwa novel ini bisa mengangkat semangatmu. Cocok deh, buat generasi milenial yang sering galau. Tapi tak jarang, pembaca akan menangis ketika membacanya.

Dilansir dari vox, narator utama bisa membawa pembaca menangis dengan petualangan tokoh utamanya. Boleh nih, dicoba.

4. Lahir di Jepang, tapi tumbuh besar di Inggris.

ishiguro nobel 2017 © 2017 brilio.net

foto: wikipedia.org

Kazuo lahir di Jepang pada tahun 1954. Namun pindah ke Inggris untuk mengikuti ayahnya yang ditawari pekerjaan sebagai oseanografer di Surrey, Inggris.

5. Tugas akhir masa kuliahnya menjadi novel yang terkenal.

ishiguro nobel 2017 © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@sciencemuseum, books.google

Kazuo menjalani masa kuliahnya di Universitas East Anglia, Inggris. Dia juga adalah murid penulis terkenal seperti Malcolm Brandbury dan Angela Carter. Tugas akhirnya menjadi novel terkenal dengan judul 'A Pale View of Hills' yang terbit tahun 1982.