Brilio.net - Pergantian tahun menjadi momen yang paling ditunggu hampir sebagian orang di dunia. Pada momen ini, banyak orang yang menggelar berbagai acara untuk merayakan pergantian tahun. Dari mulai kumpul bersama teman-teman dan keluarga, sampai pesta kembang api.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga punya cara tersendiri dalam melewati pergantian tahun. Dilantik sebagai Presiden Indonesia sejak 2014 lalu, kepala negara yang akrab disapa Jokowi ini sudah melewati lima kali pergantian tahun di empat kota berbeda, yakni Solo, Papua Barat, Bogor dan Yogyakarta.

Meskipun tak menggelar acara khusus dalam rangka pergantian tahun, namun Presiden Jokowi selalu melewati momen pergantian tahun dengan cara berbeda. Seperti saat pergantian tahun 2018 ke 2019 lalu, Presiden Jokowi melewati tahun baru dengan menggelar makan-makan bersama karyawan istana dan Paspampres di Istana Bogor.

Tak ada resolusi khusus bagi Presiden Jokowi dalam menyambut 2019. Ayah tiga orang anak ini ingin melewati tahun 2018 dan menyambut tahun 2019 dengan rasa optimis. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (2/1), yuk intip lima beda perayaan tahun baru Jokowi selama menjabat sebagai Presiden Indonesia.

1. Tahun baru 2015.

Loading...

beda perayaan tahun baru Jokowi  © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Tahun baru 2015 dilewati Jokowi pertama kali dalam jabatan Presiden Indonesia. Presiden berusia 57 tahun ini melewati momen pergantian tahun di kediamannya di Solo, Jawa Tengah. Tak ada perayaan khusus yang digelar Jokowi di rumahnya. Selain melewati pegantian tahun baru, Jokowi juga melakukan peninjauan di Pasar Klewer yang dilalap si jago merah empat hari menjelang tahun baru.

2. Tahun baru 2016.

beda perayaan tahun baru Jokowi  © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@jokowi

Jika tahun baru 2015 dilewati Jokowi di Solo, Jawa Tengah, maka berbeda dengan perayaan tahun baru 2016. Presiden RI ke-7 ini merayakan pergantian tahun baru 2016 bersama warga Papua Barat. Jokowi menghadiri pesta rakyat dimeriahkan penyanyi Edo Kondologit yang digelar di Pantain Waisai, Raja Ampat.

Melalui akun Twitter resminya, Jokowi mengunggah potret sederhananya dengan sarung dan kemeja putih lengan panjang saat menikmati sunset pertama di tahun 2016 di Raja Ampat, Papua.

3. Tahun baru 2017.

beda perayaan tahun baru Jokowi  © 2019 brilio.net

fotio: Instagram/@jokowi

Melewati dua kali pergantian tahun di luar kota, tahun baru 2017 dilewati Jokowi di Istana Negara, Bogor, Jawa Barat. Tak ada acara yang digelar Jokowi di Istana. Sambil mengenakan pakaian sederhana seperti sarung dan kaus lengan panjang, Jokowi duduk di halaman istana untuk menikmati cahaya kembang api.

Aktivitas sederhana tersebut diunggah Jokowi melalui akun Instagram pribadinya. Dalam unggahannya tersebut, Jokowi menginformasikan jika dirinya melewati momen pergantian tahun di rumah saja.

4. Tahun baru 2018.

beda perayaan tahun baru Jokowi  © 2019 brilio.net

foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Jika pergantian tahun 2017 dilewati Jokowi di Istana Bogor, maka pergantian tahun 2018 dilewati Jokowi di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Selain untuk melewati pergantian tahun, kedatangan Jokowi ke Yogyakarta juga blusukan guna meninjau kegiatan ekonomi di Yogyakarta.

Meskipun memboyong seluruh anggota keluarganya, namun tak ada perayaan khusus yang digelar Jokowi. Pada malam pergantian tahun, Jokowi melalukan interaksi dengan para pengunjung Malioboro yang sudah menunggu di halaman Gedung Agung sejak sore hari.

5. Tahun Baru 2019.

Di malam pergantian tahun baru 2019 ini, Jokowi melewati dengan berkumpul bersama para karyawan istana dan Paspampres di Istana Bogor. Acara kumpul bersama tersebut diisi dengan makan malam bersama di halaman Istana Bogor dengan menikmati makanan seperti sate, bakmi dan wedang ronde dari angkringan.

Ditemani sang anak bungsu, Kaesang Pangarep, Jokowi tampil sederhana dengan sarung dan kemeja putih yang dibalut jaket hitam. Meskipun tak ada pesta kembang api, namun Jokowi tetap bisa menikmati pesta kembang api dari balik tembok Istana Bogor.