Brilio.net - Joey Alexander atau yang bernama lengkap Josiah Alexander Sila merupakan anak dari pasangan Denny Sila dan Farah Leonora Urbach. Joey lahir di Bali 25 Juni 2003.

Nama Joey Alexander tentu tidak asing lagi bagi industri musik dunia. Pemilik album My Favorite Things ini bahkan baru saja memukau mata dunia dalam malam puncak Grammy Awards. Dan yang semakin membuat bangga karena Joey menjadi orang Indonesia pertama yang berada di panggung spektakuler itu.

Tidak hanya persoalan Grammy saja, ternyata sebelumnya Joey sudah berhasil meraih berbagai penghargaan dunia. Berikut 15 fakta tentang Joey Alexander yang akan membuatmu semakin mengaguminya, sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (18/2).

1. Belajar piano sejak balita.

Mencapai karir yang cemerlang di usia yang masih sangat muda bukanlah hal yang mustahil, Joey Alexander berhasil membuktikan hal tersebut. Perkenalan Joey dengan musik jazz bahkan telah dimulai saat usianya baru empat tahun. Di usia balita itu, Joey sudah mampu mengenali beberapa nada.

2. Belajar piano secara autodidak.

Joey mengakui mengenal piano dari sang ayah, Denny Sila. "Waktu kecil saya melihat ayah main piano dan menurut saya alat musik itu menyenangkan, lalu saya dibelikan piano kecil dan belajar sendiri," ujarnya saat wawancara bersama 60minutes.

3. Albumnya, My Favorite Things, masuk dalam chart 200 Billboard.


Album My Favorite Things menjadi awal debut karir Joey. Tidak tanggung-tanggung album yang dikerjakan bersama Russell Hall, Alphonso Horne dan Sammy Miller ini berada di posisi 174 tangga lagu Billboard.

4. Musisi termuda dunia yang memenangkan Grand Prix Master-Jam Fest 2013.

Dengan sangat membanggakan Joey berhasil merebut penghargaan Grand Prix Master-Jam Fest 2013 setelah mengalahkan 47 musisi jazz yang berasal dari 17 negara.

5. Musisi Indonesia pertama yang tampil di Montreal Internasional Jazz Festival, Jazz Foundation of America dan Newport Jazz Festival 2015.

Nama Joey Alexander memang berada di deretan nama-nama musisi yang sangat dinantikan di acara jazz internasional. Anak kelahiran Bali ini menjadi orang Indonesia pertama yang berada di panggung-panggung yang bertabur musisi kenamaan tersebut.

6. Musisi Indonesia pertama yang akan menggelar tur keliling Amerika.

Setelah penampilan memukau pada malam puncak Grammy Awards senin malam lalu, Joey dipastikan akan menggelar tur keliling Amerika yang dimulai pada tanggal 25 Februari hingga 8 Januari 2017.

7. Musisi muda pertama di dunia yang mengiringi Herbie Hancock.

Di usia yang cukup muda yaitu 10 tahun, Joey telah berhasil mengiringi musisi kenamaan Herbie Hancock.

8. Menjadi cover New York Times.

Majalah The York Times edisi Maret 2015 secara khusus menjadikan Joey sebagai cover sampulnya. Ini adalah hal yang membanggakan melihat orang-orang yang pernah mengisi cover majalah New York Times seperti Obama, Bill Clinton, Taylor Swift, Adele dan beberapa tokoh dunia lainnya.

9. Penjualan albumnya masuk dalam deretan album terlaris versi Apple Music.

Selain berhasil berada dideretan lagu-lagu Billboard, Joey juga mendapatkan kabar bahagia bahwa albumnya ini berada di posisi keempat iTunes Top Albums chart, hebat!

2 dari 2 halaman



10. Berada di posisi pertama Amazon Best Sellers Chart mengalahkan Adele.

Pada januari 2016 prestasi gemilang diraih Joey saat albumnya My Favorite Things menduduki peringkat pertama di Amazon Best Sellers Chart mengalahkan pelantun Hello, Adele.

11. Pernah tampil di acara besar Bill Clinton.

Tampil di acara jazz internasional bukanlah hal baru bagi Joey. Bahkan dirinya pernah tampil khusus di hadapan mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton bersama Robin Roberts.

12. Salah satu musisi jazz termuda di dunia.


Belajar jazz di usia 4 tahun dan mulai merilis album saat berusia 11 tahun menjadikan Joey sebagai musisi jazz termuda di dunia.

13. Musisi Indonesia pertama yang masuk nominasi Grammy Awards.


Masuknya nama Joey Alexander kedalam jajaran nominasi Grammy Awards 2016 mengukuhkan posisinya sebagai musisi Indonesia pertama yang berhasil menjadi nominasi penghargaan musik terbesar di dunia.

14. Nominasi termuda selama pagelaran Grammy Awards.

Nama Joey Alexander tercatat masuk kedalam nominasi Best Jazz Instrumental Album dan Best Improvised Jazz Solo di ajang penghargaan Grammy Awards. Masuknya nama Joey ini menjadikannya musisi termuda yang pernah masuk nominasi Grammy. Bahkan seandainya saja Joey berhasil memenangkan penghargaan tersebut, maka namanya akan tercatat sebagai pemenang Grammy termuda sepanjang sejarah.

15. Penyuka olahraga tenis dan renang.

Meski telah berada dipuncak karir yang cemerlang. Joey tetap menjalani hari-harinya layaknya anak-anak pada umumnya. "Saya menjalani kegiatan sehari-hari seperti anak normal mulai dari sekolah hingga kegiatan tenis dan renang bersama teman-teman saya, saya tidak merasa spesial," ujarnya saat wawancara bersama Hollywod Reporter dimalam puncak Grammy Awards, Senin (15/2).