Brilio.net - Legenda tinju dunia Muhammad Ali telah berpulang dan menyisakan duka yang mendalam bagi masyarakat. Kehidupan Ali beberapa tahun belakangan ini memang jauh dari pemberitaan media hingga kabar duka kepergiannya beredar. Ketika berada di puncak karier, pertanyaan perihal penerus karier Ali sempat menjadi perbicangan. Namun suami dari Lonnie ini pernah menyatakan anak-anaknya tidak ada yang tertarik untuk mengikuti jejaknya.

Beberapa tahun setelah pernyataan Ali, muncul sosok Laila Ali yang mengejutkan publik saat memulai debut sebagai atlet tinju perempuan. Keputusan Laila ini pun sempat ditolak mentah-mentah oleh sang ayah, mengingat olahraga tinju identik dengan kekerasan. Bukan hal yang mudah bagi Laila untuk mendapatkan restu ayahnya untuk bisa naik ring. Ali adalah sosok yang sangat mencintai anak-anaknya dan sempat mengatakan tidak ingin melihat anak kesayangannya terluka.

Tetapi itu tidak mengurungkan niat Laila menjadi petinju profesional. Pada awal 1999, Laila pun mendatangi sang ayah yang sedang di rawat di rumah sakit demi mendapatkan izin bertanding.

"Saya ingin menjadi anak ayah yang tidak pernah dia miliki. Saya adalah satu-satunya yang bisa melakukan ini (dibandingkan dengan anak laki-laki Ali lainnya)," ujar Laila dalam sebuah kesempatan interview bersama New York Times, sebagaimana dilansir brilio.net, Minggu (12/6).

Kesungguhan Laila mampu membuat sang legenda luluh dan memberikan izin. Lalu seperti apa prestasi yang pernah diraih wanita kelahiran 30 Desember 1977 ini selama mengikuti jejak sang ayah? Sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut 10 fakta tentang si tangguh Laila Ali:

1. Mulai belajar tinju sejak usia 18 tahun.

2. Butuh waktu 5 tahun bagi Laila untuk mendapatkan restu dari sang ayah.

3. Memenangkan 22 pertandingan dari 32 laga yang diikutinya.

4. Pemenang AOCA Awakeing Outstanding Contribution Award tahun 2012.

5. Meraih IWBF Female Light Heavyweight Title tahun 2004.

Keren ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman

6. Bakat seni juga dimiliki Laila dari sang ibu. Dia sempat menjadi pemandu acara televisi di Amerika Serikat.

7. Pada Januari 2016, Laila resmi menjadi anggota The New Celebrity Apprentice.

8. Selain menjadi petinju, Laila pun terlibat dalam film Falcon Rising.

9. Membintangi serial televisi berjudul The N's Student Body.

10. Laila ternyata juga seorang penulis buku. Bersama David Ritz dia menerbitkan bukunya.