Yuk ketahui "Peta Jerawat" pada wajah dan penyebabnya

Yuk ketahui

Brilio.net - Jerawat merupakan masalah utama yang sering dialami banyak orang. Pasalnya, jerawat membuat setiap orang merasa tidak nyaman karena masalah kulit ini menimbulkan rasa nyeri. Bahkan, jerawat juga bisa mengganggu penampilan sehari-harimu. Hal ini karena jerawat bisa bikin kamu tidak percaya diri.

Biasanya jerawat yang muncul pada kulit wajah disebabkan berbagai faktor. Terdapat beberapa faktor seperti gaya hidup, lingkungan hidup, gangguan hormon, dan faktor genetik. Walaupun begitu, munculnya jerawat pada wajah bisa diatasi dengan berbagai cara.

Dikutip briliobeauty.net dari Medical News Today, Selasa (20/12) munculnya jerawat disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang menumpuk pada wajah. Nah, sel kulit mati tersebut bisa menyebabkan berbagai munculnya permasalahan wajah seperti jerawat dan komedo. Sementara itu, jerawat memiliki ciri khas warna merah. Warna tersebut menandakan bahwa kulit mengalami peradangan dan iritasi yang disebabkan oleh propionibacterium acnes.

Nah, biasanya jerawat hanya muncul di beberapa tempat dan berulang. Bagi kamu yang jerawatnya sering muncul pasti sudah tidak asing dengan letak munculnya jerawat tersebut. Namun, untuk mencegah jerawat muncul pada daerah yang sama kamu harus memperhatikan "Peta Jerawat" dan penyebab dari munculnya jerawat di area itu.

Salah satu influencer bernama Adjie Santosoputro melalui akun Twitter membagikan unggahan status yang memperlihatkan area munculnya jerawat. Dalam unggahannya itu, Adjie Santosoputro mempertanyakan hubungan munculnya jerawat yang disebabkan gaya hidup tidak sehat.

 Peta Jerawat  Berbagai sumber

foto: Medical News Today

Dari salah satu foto yang dibagikan Adjie Santosoputro, bersumber dari Medical News Today, terdapat 4 daerah yang memiliki risiko tinggi munculnya jerawat dan komedo.

Pertama yaitu daerah dahi yang ditandai dengan warna oranye. Daerah tersebut biasa disebut hairline and temples. Biasanya penyebab dari munculnya jerawat pada daerah tersebut adalah penggunaan produk hair care yang tidak cocok.

Penggunaan hair care terutama yang memiliki kandungan berupa minyak dan lilin bisa menyebar ke bagian area kulit wajah. Nah, hal tersebut dapat menyumbat pori-pori wajah.

Kedua yaitu area T-zone, seperti dahi, hidung, dan dagu. Penyebab munculnya jerawat pada T-zone adalah produksi minyak yang berlebih.

Area ketiga adalah pipi pada kedua sisi. Jerawat yang muncul pada pipi disebabkan gesekan pada kulit. Contoh dari hal ini adalah penggunaan ponsel atau ketika sedang tidur pipi mengalami gesekan dengan bantal.

Area keempat adalah jawline. Sebagian besar dari kamu mungkin pernah mengalami jerawat yang muncul pada area jawline atau tulang rahang. Nah, jerawat pada area ini disebabkan oleh produksi hormon yang terganggu.

Itulah bagian wajah yang sering mengalami permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo. Unggahan Adjie itu pun membantu netizen yang baru mengetahui penyebabnya.

"Paling sering hairline sm jawline apalagi pas pms," tulis akun @newwieei.

"sejauh yg ku baca gak bener sih. aku akan mention dokter spkk andalan," imbuh akun @erminjeon.

"Hehe.. gaya hidup jelas ada kaitannya. Tapi kalau dalam bentuk hubungan antara regio tertentu pada wajah dalam koneksinya dengan organ dalam/penyakit tertentu, itu tidak ada buktinya secara medis," jawab akun @rzdwrd.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES