Wajah mulus bebas komedo, ini cara bersihkan total sumbatan di pori-pori hidung pakai 4 bahan dapur

Wajah mulus bebas komedo, ini cara bersihkan total sumbatan di pori-pori hidung pakai 4 bahan dapur

Brilio.net - Lapisan kulit manusia sejatinya memiliki pori-pori yang dapat dilihat secara kasat mata. Pori-pori merupakan lubang pernapasan kulit yang memegang peran penting dalam sistem pengeluaran minyak dan keringat dari dalam kelenjar kulit. Fungsi ini membuat pori-pori memiliki peran yang sangat signifikan dalam menjaga kesehatan kulit.

Tahu nggak sih kalau pori-pori kulit biasanya akan memiliki kondisi yang beragam per individu? Orang yang memiliki kulit sehat biasanya akan tampak memiliki lubang pori-pori yang samar dan rapat, sehingga kulitnya terkesan halus dan mulus. Sementara itu, keadaan pori-pori yang membesar tidak hanya membuat wajah seseorang terlihat kasar, namun juga menjadi awal mula munculnya masalah kulit seperti komedo.

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang sering menganggu banyak orang, terutama bagi mereka pemilik kulit berminyak. Komedo biasanya muncul dalam bentuk bintik-bintik kasar berwarna hitam dan putih di area wajah seperti hidung. Selain bisa mengganggu keindahan wajah dan kepercayaan diri banyak orang, komedo juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

Komedo terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (minyak alami kulit), sel kulit mati, dan kotoran. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya komedo, mulai dari produksi minyak kulit yang berlebihan, perubahan hormon tubuh, penggunaan produk perawatan kulit yang menyumbat pori-pori, hingga ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh akibat terlalu sering makan menu berlemak. Akibatnya, nggak jarang komedo pun menumpuk di sekitar permukaan kulit wajah.

Dalam rangka mengatasi masalah komedo, menjaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah secara teratur, menghindari penggunaan produk yang dapat menyumbat pori-pori, dan menjaga pola makan yang seimbang tentunya menjadi langkah-langkah efektif.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES