Wajah lebih mulus, begini trik hilangkan komedo hitam di hidung pakai scrub dari 2 bahan pemanis

Wajah lebih mulus, begini trik hilangkan komedo hitam di hidung pakai scrub dari 2 bahan pemanis

Brilio.net - Selain jerawat, masalah kulit wajah yang cukup meresahkan untuk kebanyakan orang adalah komedo - benjolan kecil di pori-pori kulit yang merupakan bakal jerawat. Komedo umumnya terdapat di kulit wajah, tetapi juga bisa muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan. Komedo terbagi menjadi komedo hitam (blackhead) dan komedo putih.

Karena berwarna gelap, komedo hitam biasanya dianggap lebih mengganggu penampilan dibandingkan komedo putih. Komedo hitam terbentuk akibat pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati, minyak berlebih (sebum), dan bakteri yang terperangkap di folikel rambut. Ketika terjadi oksidasi, komedo bagian luar menjadi hitam. Komedo ini biasanya muncul di area tubuh yang berminyak, seperti hidung.

Walaupun cenderung membandel, tapi komedo hitam bisa dihilangkan. Caranya, tentu saja, tidak dengan memencet hidung agar komedo hitam keluar dari pori-pori. Hal ini akan memperburuk kondisi kulit karena bisa membuat kulit mengalami peradangan dan meninggalkan bekas di kulit wajah. Tak hanya itu, bisa jadi hanya sebagian saja komedo yang berhasil dikeluarkan dari pori-pori dan meninggalkan sisa, sehingga tetap saja pori-pori kamu tersumbat.

Cara terbaik untuk benar-benar menghilangkan komedo hitam, yaitu dengan perlahan dan lembut. Setidaknya tidak membuat kerusakan baru di kulit wajah. Salah satunya adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti unggahan video yang dibagikan akun TikTok @fitsehat pada 2 Juni 2023.

Video unggahan tersebut berisi tentang trik hilangkan komedo hitam di hidung pakai scrub dari 2 bahan pemanis, yakni gula pasir dan madu. Selain kedua bahan tersebut, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa dan jeruk nipis.

"ramuan untuk menghilangkan komedo hitam bandel dengan bahan alami, saran pakai di malam hari seperti scrub umumnya 15 menit," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @fitsehat, Rabu (5/7).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES