Wajah jadi mulus bebas komedo, begini trik bikin ukuran pori lebih mengecil pakai 2 jenis buah-buahan

Wajah jadi mulus bebas komedo, begini trik bikin ukuran pori lebih mengecil pakai 2 jenis buah-buahan

Brilio.net - Pori-pori wajah adalah tempat keluarnya sebum yang rentan tersumbat hingga menyebabkan munculnya komedo. Bukan tanpa alasan, komedo bisa muncul karena kotoran seperti debu serta sel kulit mati yang bercampur dengan sebum dan terjebak di pori-pori. Selain komedo, pori-pori wajah yang membesar dan tersumbat juga bisa memunculkan jerawat.

Ukuran pori-pori sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti genetika, usia, paparan sinar matahari, dan jenis kulit seseorang. Biasanya, seseorang dengan jenis kulit berminyak akan cenderung memiliki ukuran pori-pori yang besar. Perlu kamu ketahui bahwa ukuran pori-pori tidak dapat menjadi lebih kecil dari ukuran normalnya.

Namun, jika pori-pori meregang dan ukurannya membesar, misalnya karena tersumbat kotoran, maka pori-pori dapat mengecil kembali ke ukurannya yang normal. Sebetulnya, satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk membuat pori-pori tidak terlihat semakin besar adalah merawat kulit dengan baik.

Nah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mencoba mengatasi pori-pori yang tersumbat dan tampak membesar. Seperti unggahan dari akun TikTok @meiana784 pada 31 Agustus 2023, yang berisi tentang trik bikin ukuran pori lebih mengecil pakai 2 jenis buah-buahan. Buah-buahan yang digunakan adalah mentimun dan jeruk nipis.

"Coba bikin masker Alami pengecil pori-pori," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @meiana784, Selasa (17/10).

Bikin ukuran pori lebih mengecil pakai 2 jenis buah-buahan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebagai makanan, mentimun menjadi pilihan karena rendah kalori. Hal ini karena timun memiliki cukup serat serta berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan. Mentimun juga memiliki kandungan air yang tinggi, bahkan kandungan airnya mencapai 95 persen. Sehingga, mengonsumsinya dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Selain ada manfaat timun untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, timun juga memiliki manfaat khusus untuk kulit wajah lho. Salah satunya untuk mengatasi masalah pori-pori. Secara alami, mentimun merupakan astringent ringan yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak di kulit wajah.

Jika dibuat masker, maka manfaat masker mentimun adalah membantu merawat kulit wajah yang berminyak sekaligus mencegah munculnya komedo dan jerawat. Sementara jeruk nipis juga bisa kamu manfaatkan untuk mengecilkan ukuran pori-pori di wajahmu lho.

Kandungan dalam jeruk nipis berperan sebagai astringen, sehingga tampilan kulit kamu menjadi lebih halus. Selain itu, pori-pori yang mengecil juga bisa menurunkan produk minyak yang berlebih. Hal ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis.

(brl/pep)

tags

STORIES