Wajah auto mulus, begini cara mengatasi bintik hitam akibat pigmentasi pakai masker dari 3 bahan alami

Wajah auto mulus, begini cara mengatasi bintik hitam akibat pigmentasi pakai masker dari 3 bahan alami

Brilio.net - Wajah mulus, sehat, dan bebas noda adalah impian bagi kebanyakan orang, terutama para wanita. Namun sayangnya, faktor internal dan eksternal seperti genetik dan paparan matahari kerap kali menimbulkan berbagai permasalahan kulit. Salah satunya adalah bintik hitam.

Penyebab bintik hitam di wajah adalah hiperpigmentasi, yaitu kulit memproduksi melanin dalam jumlah lebih banyak dari pada biasanya. Di Indonesia yang beriklim tropis, masalah hiperpigmentasi terutama diakibatkan oleh paparan sinar matahari di kulit wajah yang tidak terlindungi sunscreen.

Jika paparan sinar UV ini berlangsung terus-menerus dalam jangka waktu panjang di kulit wajah yang tidak terlindungi sunscreen, maka tubuh akan terus memproduksi melanin dalam jumlah banyak, sehingga kulit tak hanya menggelap, tapi juga muncul bintik-bintik hitam di wajah.

Semakin awal bintik hitam di wajah diketahui dan diatasi, maka akan lebih cepat dan mudah untuk pudar. Sayangnya, kebanyakan orang cenderung menganggap remeh masalah hiperpigmentasi ini, sampai akhirnya bintik hitam yang muncul bertambah banyak bahkan warnanya bertambah gelap sehingga butuh tindakan oleh dokter kulit untuk mengatasinya. Tindakan mengatasi bintik hitam ini harus dibarengi dengan pencegahan agar penyebab bintik hitam di wajah tak muncul terlalu banyak.

Saat ini ada berbagai cara untuk memudarkan atau bahkan menghilangkan bintik hitam di wajah mulai dari menggunakan skincare secara rutin, melakukan prosedur kecantikan di klinik, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Nah, meskipun menggunakan bahan alami, namun hasilnya juga tak kalah efektif kok jika digunakan secara rutin.

Salah satu cara yang bisa kamu tiru adalah unggahan dari akun TikTok @glamtayus pada 1 Juni 2023. Dalam video berdurasi 26 detik tersebut pemilik akun memberikan cara mengatasi bintik hitam akibat pigmentasi pakai masker dari 3 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah tepung beras, bubuk kayu cendana dan susu cair.

"7 Days Challenge To Remove Dark Spots, Pigmentation, Acne Marks (Tantangan 7 Hari Untuk Menghilangkan Flek Hitam, Pigmentasi, Bekas Jerawat)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @glamtayus, Rabu (21/6).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES