Umur 50 jadi tampak 10 tahun lebih muda, ini trik kencangkan wajah kendur pakai 1 jenis daun

Umur 50 jadi tampak 10 tahun lebih muda, ini trik kencangkan wajah kendur pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Saat memasuki usia 50 tahun ke atas, kulit wajah akan mulai mengalami penuaan alami. Proses penuaan alami yang tidak bisa dihindari ini menyebabkan sejumlah tanda, seperti munculnya garis halus hingga kendur. Sudah pasti tampilan kulit mengendur ini disertai dengan munculnya tanda penuaan lainnya, seperti keriput dan garis halus. Wajah yang mengendur terjadi karena elastisitas kulit wajah yang mulai hilang. Sebagian orang merasa, kondisi ini membuat penampilan mereka menjadi tidak menarik lagi.

Selain penuaan, kulit yang mengendur juga bisa dialami oleh orang yang obesitas. Seringkali, orang yang menjalani diet ketat secara drastis akan mengalami kulit kendur di sejumlah area tubuh terutama leher, lengan, perut, dan paha. Hal ini terjadi karena kulit yang awalnya meregang untuk menampung lemak, tidak bisa kembali kencang setelah lemak hilang karena diet yang dilakukan.

Kondisi kulit wajah kendur juga bisa terjadi lebih cepat, yakni di usia 25-30 tahun. Kondisi ini disebabkan karena paparan sinar matahari berlebih, gaya hidup tidak sehat, hingga kurangnya perawatan wajah yang dilakukan. Sehingga kulit akan berhenti beregenerasi karena produksi kolagen dalam kulit terganggu.

Kondisi ini dapat membuat wajah jadi tampak tua, sehingga membuat siapa pun yang mengalaminya jadi tidak percaya diri. Maka, wajar saja jika banyak orang mencari cara untuk mengencangkan kulit melalui berbagai metode. Nah, salah satu metode yang paling banyak dicari adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti unggahan dari akun TikTok @herbal_sehat09 pada 2 Juni 2023, yang membagikan video tentang cara mengencangkan wajah mengendur pakai 1 jenis daun, yakni sirih cina. Dia juga menambahkan bahan lain yaitu putih telur.

"Ternyata ini rahasia tampil awet muda," ungkapnya dalam keterangan video yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @herbal_sehat09, Selasa (23/4).'

kencangkan kulit wajah. berbagai sumber

TikTok/@herbal_sehat09

Sirih cina merupakan tanaman herbal yang sudah lama digunakan sebagai obat tradisional di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain memiliki manfaat kesehatan, sirih cina juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan lho. Salah satunya adalah mengatasi kulit kendur.

Hal ini karena sirih cina mengandung berbagai senyawa aktif antosianin, flavonoid, dan polifenol yang kaya akan antioksidan. Antioksidan di dalamnya dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan munculnya keriput, garis halus, dan tanda penuaan lainnya. Dengan menggunakan sirih cina secara rutin, dapat membuat wajah kencang serta memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit.

Selain itu, ekstrak sirih cina ini dipercaya bisa memberikan efek penyegaran dan membantu mengencangkan kulit kendur. Kandungan sifat antiinflamasi bisa mengurangi kemerahan dan peradangan, serata ampuh meratakan warna kulit belang.

Sementara putih telur memang menjadi bahan alami yang sering digunakan untuk mengencangkan kulit kendur. Bukan tanpa alasan, albumin dalam putih telur mampu bekerja menyempitkan pembuluh darah di bawah permukaan kulit. Sehingga aliran darah menjadi lancar yang membuat kulit terasa kencang dan pori-pori mengecil. Albumin pada putih telur juga dapat membantu mengencangkan kulit yang kendur.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES