Trik usir iritasi pada kulit kering pakai lotion dari 1 jenis ekstrak kacang, tunda tanda penuaan

Trik usir iritasi pada kulit kering pakai lotion dari 1 jenis ekstrak kacang, tunda tanda penuaan

Brilio.net - Secara umum, kulit badan yang sehat dinilai memiliki kemampuan alami untuk mempertahankan tingkat kelembapan yang tepat dan menjaga fungsi pelindungnya. Namun, sebagai organ terluar yang melindungi tubuh manusia, kulit badan cenderung rentan terkena banyak masalah kulit. Salah satu dari sekian banyak problematika tersebut adalah kondisi kering dan iritasi.

Sebagaimana namanya, kulit badan yang kering adalah kondisi di mana faktor hidrasi kulit kehilangan kemampuannya dalam mengondisikan kelembapan alami. Akibatnya, kulit badan pun menjadi tidak elastis, terasa kasar, dan rentan menampakkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis halus, hingga pecah-pecah. Kondisi ini jelas membuat siapapun yang mengalaminya akan merasa tidak nyaman.

Salah satu faktor yang menyebabkan masalah di atas adalah dehidrasi, suatu kondisi saat tubuh kekurangan cairan yang menyebabkan kulit kehilangan kelembapan. Selain itu, paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari juga dapat memicu hal di atas karena sinarnya merusak serat-serat kolagen dan elastin. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mencari tahu cara yang tepat dalam mengatasi masalah di atas apabila tidak ingin kulit menjadi rusak sebelum waktunya.

Eits, bila kamu tengah menghadapi masalah ini, kini nggak perlu bingung lagi. Soalnya ada banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kulit badan kering. Hal ini sebagaimana ditunjukkan pemilik akun Instagram @insidebeautycare. Ia memanfaatkan shea butter, aloe vera, dan minyak almond.

iritasi pada kulit badan kering  Instagram

foto: freepik.com

Shea butter adalah lemak alami yang diekstraksi dari biji pohon shea. Kaya akan asam lemak, antioksidan, dan vitamin A, E, dan F, shea butter dapat memberikan kelembapan mendalam pada kulit. Kandungan tersebut membantu mengunci kelembapan dan mencegah kehilangan air sehingga kulit terasa lebih lembut dan halus. Selain itu, shea butter juga dapat membantu merangsang produksi kolagen yang bisa mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan pada kulit badan.

(brl/jad)

tags

STORIES