Trik simpel cerahkan ketiak gelap pakai 1 jenis bumbu dapur, jadi nggak minder pakai baju apapun

Trik simpel cerahkan ketiak gelap pakai 1 jenis bumbu dapur, jadi nggak minder pakai baju apapun

Brilio.net - Ketiak yang gelap pada dasarnya disebabkan karena keringat berlebih. Keringat ini mengandung zat-zat seperti urea dan asam amino yang dapat bereaksi dengan bakteri di permukaan kulit. Proses dalam reaksi inilah yang dapat memicu terbentuknya bau serta pigmen melanin yang memberikan warna gelap pada kulit ketiak. Selain itu, beberapa kebiasaan seperti mencukur ketiak juga dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi lebih gelap karena sisa akar rambut yang masih tertinggal pasca dicukur dapat memberikan kesan warna yang lebih gelap.

Akan tetapi, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu terlalu khawatir. Soalnya, kamu bisa mengatasi hiperpigmentasi di area lipatan tubuh seperti ketiak dengan bahan-bahan alami yang tidak menguras dompet. Salah satunya dengan memanfaatkan campuran kunyit, madu, dan air mawar sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @theglobalistagirl di Instagram pada Rabu (12/7).

cerahkan ketiak gelap  Instagram

foto: freepik.com

Kunyit dikenal mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi, seperti kurkumin. Senyawa kurkumin memiliki kemampuan yang dapat membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan, sehingga dapat membantu mencerahkan kulit ketiak. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang secara aktif dapat melawan penyebab bau tidak sedap pada ketiak.

cerahkan ketiak gelap  Instagram

foto: freepik.com

Madu sendiri adalah bahan alami yang mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi. Kandungan asam lembut dalam madu membantu membersihkan dan merawat kulit ketiak yang rentan terhadap infeksi. Sementara itu, komponen enzim dan senyawa antioksidan lainnya di dalam madu membantu proses menyamarkan noda dan bekas garis-garis kasar pada kulit ketiak.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES