Trik sederhana lawan karang gigi dan noda kuning cuma pakai 2 bahan dapur, bikin gigi putih cemerlang

Trik sederhana lawan karang gigi dan noda kuning cuma pakai 2 bahan dapur, bikin gigi putih cemerlang

Brilio.net - Kesehatan gigi adalah aspek yang seringkali terabaikan dalam rutinitas perawatan kesehatan banyak orang. Padahal, tidak dapat dipungkiri bahwa kesehatan gigi yang baik sangat penting bagi kualitas hidup secara keseluruhan lho. Gigi sehat tidak hanya memungkinkan kamu mengkonsumsi makan dan minum dengan nyaman, tetapi juga memainkan peran penting dalam menjaga kepercayaan diri.

Pasalnya, gigi yang indah dan putih terkesan akan memperlihatkan senyuman yang menarik dan mempesona. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi adalah sebuah investasi jangka panjang yang harus diperhatikan setiap orang.

Meskipun pentingnya kesehatan gigi sudah diketahui secara luas, masih ada beberapa masalah yang sering muncul. Paling umum adalah pembentukan karang gigi dan kekuningan pada permukaan gigi. Karang gigi terbentuk ketika sisa-sisa makanan dan bakteri menumpuk dan mengeras di sekitar gigi.

Selain itu, kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan tidak sehat, serta kurang bersihnya proses menggosok gigi dapat menyebabkan gigi tidak hanya menguning, namun juga memicu pertumbuhan plak yang dapat berkembang menjadi karang gigi. Pada akhirnya, semua hal tersebut kemudian meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit gigi dan gusi lainnya.

Untungnya nih, ada beberapa trik alami yang dapat membantu mengatasi masalah karang gigi dan kekuningan. Salah satunya seperti yang dibagikan pengguna Instagram @wildan.syambas sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (23/6). Disini, kamu cukup memanfaatkan bahan-bahan dapur berupa jeruk nipis dan garam.

lawan karang gigi dan noda kuning  Instagram

lawan karang gigi dan noda kuning
freepik.com

Jeruk nipis (citrus aurantifolia) mengandung sejumlah nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan mulut. Kandungan vitamin C, serat, kalsium, zat besi, serta senyawa bioaktif seperti flavonoid dan limonen, berperan penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah infeksi gusi. Senyawa antibakteri dan antiinflamasi dalam jeruk nipis juga dipercaya dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah pembentukan plak pada gigi.

lawan karang gigi dan noda kuning  Instagram

lawan karang gigi dan noda kuning
freepik.com

Garam merupakan bahan dapur umum yang ternyata memiliki manfaat dalam perawatan mulut. Garam mengandung mineral penting seperti natrium, klorida, kalsium, magnesium, serta potassium. Sifat antibakteri dan antiseptik garam membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut dan menjaga keseimbangan pH alami. Selain itu, garam juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat meredakan gejala radang gusi sekaligus rasa sakit yang muncul darinya.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES