Trik membuat scrub untuk kaki dan tangan ini hanya butuh 3 bahan dapur, kulit autolembut

Trik membuat scrub untuk kaki dan tangan ini hanya butuh 3 bahan dapur, kulit autolembut

Brilio.net - Kulit tangan dan kaki merupakan bagian tubuh yang rentan mengalami kering dan bersisik. Meskipun umum terjadi dan tidak membahayakan, namun tangan dan kaki yang kering seringkali membuat risih dan merusak penampilan. Kulit kering dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara kurangnya kelembapan pada kulit, akibat cuaca yang kering, obat-obatan tertentu, atau penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering.

Menurut National Library of Medicine dalam Alcohol Sanitizer, penggunaan hand sanitizer dapat membuat tangan menjadi kering karena kandungan alkohol di dalamnya. Menyadur laman Cleveland Clinic, kulit kering adalah kondisi di mana kulit tidak memiliki kelembapan yang cukup untuk membuatnya tetap lembut, sehingga sensasi yang biasanya dirasakan, yakni kulit terasa tertarik.

Untuk menghilangkannya, ada banyak cara alami mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki yang bisa diterapkan, seperti mengoleskan lotion, menggunakan pelembap, dan lain sebagainya. Meskipun sudah banyak produk-produk pasaran dengan kandungan dan klaimnya untuk merawat kulit tangan dan kaki, namun tak ada salahnya lho kamu juga merawatnya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Salah satunya seperti yang diupload oleh akun TikTok @sukhikmann pada 9 Mei 2020 lalu. Dalam video unggahan tersebut ia memberikan trik membuat scrub untuk kaki dan tangan hanya butuh 3 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah oatmeal, madu, dan yoghurt.

"DIY HAND/foot scrub/mask using ONLY 3 ingredients!," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @sukhikmann, Jumat (12/5).

Trik membuat scrub untuk kaki dan tangan hanya butuh 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Ternyata oatmeal tak hanya bermanfaat sebagai santapan sehat, lho. Makanan yang terbuat dari biji-bijian berserat tinggi ini ternyata memiliki aneka khasiat untuk kecantikan. Oatmeal mempunyai banyak manfaat bagi kulit kamu karena kandungan lemak dan gula yang ada di dalamnya. Lemak dapat menjadi pelumas yang dapat membantu mengatasi kulit kering. Gula dalam bentuk polisakarida yang terkandung dalam oatmeal juga dapat membuat kulit lebih lembap.

Selain rutin menggunakan krim dan losion, kamu juga bisa menggunakan oatmeal untuk mendapatkan kulit yang lembap. Oatmeal mengandung pati, beta-glukan, dan polisakarida yang berperan untuk mengunci kelembapan kulit. Kulit yang lembap akan membuat kulit terlihat lebih sehat dan mencegah munculnya masalah pada kulit, tak terkecuali pada tangan dan kaki.

Sedangkan, madu terdapat beberapa kandungan mineral dan vitamin, seperti natrium, asam amino, zinc, zat besi, kalsium, vitamin A dan vitamin D. Karena itu khasiat dari madu begitu banyak dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, madu juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan kulit lho.

Bagi kamu yang memiliki kulit tangan dan kaki kering, madu bisa menjadi pilihan alternatif yang tepat. Madu memiliki sifat emolien yang menjadikannya sebagai pelembap yang bagus untuk kulit. Dalam hal ini, madu mengunci kelembapan di kulit dan membuatnya lembut serta terhidrasi.

Begitupun dengan yoghurt yang dipercaya ampuh menyehatkan pencernaan tubuh manusia. Semua karena kandungan vitamin D, protein, serta probiotik berfungsi untuk menyehatkan saluran cerna. Selain sehat dikonsumsi, produk olahan susu ini juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit.

Yoghurt adalah salah satu scrub terbaik untuk tangan, kaki dan seluruh tubuh kamu. Kandungan asam laktat yang terkandung dari produk olahan susu ini berguna untuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Menggunakan yoghurt dapat membantu proses regenerasi kulit, sehingga menjadikan kulitmu lebih muda. Scrub alami ini akan membuat kulit terhidrasi dan halus.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES