Trik kurangi minyak di wajah pakai masker dari 1 bubuk minuman, makeup nempel seharian tanpa primer

Trik kurangi minyak di wajah pakai masker dari 1 bubuk minuman, makeup nempel seharian tanpa primer

Brilio.net - Bagi orang-orang yang menggunakan makeup, pastinya ingin riasan wajah dapat menunjang penampilan dengan baik agar terlihat menawan dan percaya diri sepanjang hari. Nah, untuk mencapai hal ini, salah satu tantangan yang harus bisa dilewati adalah bagaimana membuat makeup jadi tahan lama dan tidak cepat pudar.

Ngomong-ngomong soal ketahanan makeup, pemilik kulit berminyak sering mengalami tantangan untuk membuat makeup tahan lama. Hal ini dikarenakan kelebihan produksi minyak di kulit bisa membuat makeup menjadi tidak menempel dengan baik sehingga gampang luntur. Selain itu, kondisi kulit berminyak yang cenderung memperjelas tekstur kulit dan pori-pori pun dapat membuat tampilan makeup menjadi jelek dan tidak flawless. Alhasil, jika hal ini tidak ditangani, makeup yang dipakai jadi sia-sia.

Untuk diketahui, meskipun munculnya minyak alami kulit adalah hal yang normal, terkadang produksinya memang bisa menjadi berlebihan lho. Kondisi yang dikenal dengan nama seborrhea ini umumnya dipicu oleh perubahan hormon pada kulit serta pola konsumsi makan-minum yang tidak sehat, sehingga merangsang kelenjar minyak memproduksi sebum secara berlebihan.

Akibatnya, kulit berminyak jadi lebih mudah terkena masalah jerawat dan komedo akibat penyumbatan pori-pori kulit. Selain itu, produksi sebum yang berlebihan juga dapat membuat pori-pori kulit membesar dan memberikan tampilan kulit yang kasar dan tidak halus.

Nah, agar masalah kulit berminyak tidak menganggu ketahanan makeup, kamu bisa memanfaatkan khasiat dari beberapa bahan alami sebagai solusi alternatif. Salah satunya adalah dengan menggunakan racikan bubuk kopi bersama tepung beras, aloe vera, dan madu sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @facescanada padaKamis (27/7).

kurangi minyak di wajah  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk kopi pada dasarnya mengandung kafein yang dapat membantu menyempitkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi sebum yang berlebihan. Selain itu, bubuk kopi juga mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Plus, sifat eksfolian dari bubuk kopi dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan menciptakan permukaan kulit yang lebih halus untuk aplikasi makeup.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES