Trik bikin daki badan rontok tanpa sisa pakai 1 jenis ampas minuman, bisa sekalian jaga lingkungan

Trik bikin daki badan rontok tanpa sisa pakai 1 jenis ampas minuman, bisa sekalian jaga lingkungan

Brilio.net - Daki pada dasarnya merupakan kumpulan sel-sel kulit mati akibat proses pengeringan. Secara alami, kulit manusia terus mengalami regenerasi, di mana sel-sel kulit mati akan digantikan oleh sel-sel kulit yang baru. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, proses pengelupasan kulit ini tidak berjalan dengan sempurna, dan sel-sel mati yang seharusnya luruh masih menempel pada permukaan kulit. Akibatnya, kulit menjadi terlihat kasar dan kotor akibat sel kulit mati yang disebut daki.

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi penumpukan daki di kulit badan banyak orang adalah terpaparnya kulit secara terus-menerus pada polusi dan sinar matahari. Faktor tersebut dapat merusak struktur serta elastisitas kulit sehingga dalam prosesnya akan menjadikan sel-sel kulit mati yang terkelupas justru menumpuk dan menggumpal. Akibatnya, selain kulit menjadi kotor dan kasar, pori-pori yang tersumbat karenanya pun bisa berujung menjadi jerawat badan.

Biasanya, cara yang digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan eksfoliasi menggunakan scrub. Hanya saja, kebanyakan scrub di luar mengandung komponen microbeads yang berbentuk butiran-butiran halus yang terbuat dari partikel plastik. Nah, partikel-partikel plastik yang sangat sulit diuraikan ini kemudian seringkali bercampur menjadi limbah yang berakhir di laut dan membahayakan ekosistem.

Nah, daripada ikut mengotori lingkungan, mendingan kamu buat sendiri saja scrub dari bahan alami yang memiliki efektifitas sama namun tidak berpotensi menambah limbah lingkungan. Salah satunya seperti diperagakan oleh @tami_andrenari di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Kamis (3/8) menggunakan ampas kopi, gula, dan minyak zaitun sebagai bahan dasarnya.

sekalian jaga lingkungan  Instagram

foto: freepik.com

Ampas kopi mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, seperti asam klorogenat dan asam ferulat yang membantu melawan radikal bebas dan meredakan peradangan pada kulit. Selain itu, tekstur halus ampas kopi efektif membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga menjadikan kulit lebih halus dan bercahaya.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES