Trik atasi wajah kusam pakai masker eksfoliasi dari 2 bahan dapur, bikin auto cerah dan halus

Trik atasi wajah kusam pakai masker eksfoliasi dari 2 bahan dapur, bikin auto cerah dan halus

Brilio.net - Kulit kusam dan tampak gelap terkadang membuat seseorang terkesan kurang sehat, serta dapat menurunkan kepercayaan dirinya. Kondisi ini bisa dipengaruhi beberapa faktor, seperti polusi, kurang olahraga, pola makan, hingga pola hidup kurang baik. Kulit kusam ditandai dengan kurangnya kelembapan pada kulit, sehingga kulit tidak terasa kenyal dan lembut saat dipegang.

Kulit kusam bisa dialami semua usia dan gender, kondisi yang terlihat tidak normal ini merupakan hasil dari kelebihan sel kulit mati yang terkelupas dan menumpuk di permukaan kulit. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa melakukan eksfoliasi secara rutin untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

Eksfoliasi adalah suatu cara mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit. Perawatan ini bisa dilakukan di rumah atau di klinik kecantikan. Eksfoliasi kulit dilakukan untuk membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit sehingga akan membuat kulit beregenerasi alias merangsang sel-sel baru tumbuh.

Selain itu, eksfoliasi kulit juga dapat mencerahkan kulit karena ketika tumpukan sel kulit mati sudah terangkat, aliran darah pada kulit wajah lebih lancar dan kulit akan terlihat lebih sehat. Mungkin kamu bisa melakukan perawatan eksfoliasi di klinik kecantikan, namun jika ingin lebih hemat kamu bisa kok membuat masker eksfoliasi sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan pemilik akun TikTok @sugarandbryce pada 15 Maret 2022. Dalam unggahannya, pemilik akun memberikan trik atasi wajah kusam pakai masker eksfoliasi dari 2 bahan dapur, yaitu minyak kelapa dan brown sugar atau gula merah.

"the 2-ingredient foodie face exfoliator youve been needing in your life (exfoliator wajah 2-bahan makanan yang kamu butuhkan dalam hidupmu)," katanya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @sugarandbryce, Selasa (2/5).

Trik atasi wajah kusam pakai masker eksfoliasi dari 2 bahan dapur Berbagai sumber

Trik atasi wajah kusam pakai masker eksfoliasi dari 2 bahan dapur
freepik.com

Minyak kelapa memiliki kemampuan sebagai eksfoliator alami. Kandungan vitamin dan zat aktif pada minyak kelapa juga dapat membantu menghaluskan kulit. Minyak kelapa mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menyebabkan kulit kering, kusam, dan kasar. Dengan rutin menggunakan minyak kelapa ke kulit, wajah akan akan terasa halus, cerah, dan lembut.

Sedangkan brown sugar merupakan bahan alami eksfoliasi kulit. Hal ini berkat tekstur gula yang mampu membantu mengangkat sel kulit mati. Dikutip dari Michigan State University, brown sugar merupakan jenis terbaik untuk perawatan kulit karena tidak abrasif dan memiliki butiran yang lebih kecil dibanding gula pasir biasa dan gula organik.

Dari kedua bahan tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat masker eksfoliasi di rumah yang tak kalah efektif dengan perawatan di klinik kecantikan. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES