Tips merawat wajah saat skin barrier rusak, cuma pakai tiga produk

Tips merawat wajah saat skin barrier rusak, cuma pakai tiga produk

Brilio.net - Kamu memiliki kondisi skin barrier yang rusak? Tenang, skin barrier yang rusak bisa diatasi dengan menggunakan rangkaian skincare yang dikhususkan untuk mengatasi skin barrier. Kerusakan skin barrier ini bisa terjadi pada siapapun, remaja maupun orang dewasa.

Berbicara mengenai skin barrier, perlu kamu ketahui, kulit memiliki tiga lapisan utama yakni epidermis, lapisan kulit paling luar, lalu dermis lapisan kulit tengah yang memiliki kandungan kolagen, elastin dan menyuplai darah dalam kulit. Sementara itu, skin barrier atau dikenal penghalang kelembapan ini terletak pada lapisan kulit paling atas. Maka dari itu, skin barrier ini memiliki peranan yang cukup penting.

Dilansir briliobeauty.net dari byrdie, Kamis (15/12) skin barrier ini memiliki dua peran penting seperti melindungi kulit dari radikal bebas, dan radiasi yang berasal dari paparan sinar matahari. Tidak hanya itu, skin barrier ini juga berperan mempertahankan kelembapan secara alami dan mencegah transepidermal water loss,yakni suatu jumlah air persatuan luas kulit dan per unit satuan waktu yang keluar dari tubuh melewati kulit.

Nah, skin barrier yang berperan sebagai pelindungi ini dapat rusak. Biasanya penyebab skin barrier rusak adalah penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok dan kondisi lingkungan. Sementara itu perlu kamu ketahui, bahwa skin barrier yang rusak ini memberikan sejumlah tanda-tanda. Terdapat 7 tanda skin barrier rusak yaitu munculnya rosacea dan eksim, kulit mengalami iritasi, terasa gatal, kusam, dehidrasi, hiperpigmentasi, dan luka yang tidak kunjung sembuh.

Walaupun begitu, kamu jangan khawatir. Skin barrier yang rusak bisa dirawat menggunakan produk skincare. Seperti tips yang dibagikan ke media sosial TikTok oleh akun @kamilajaidi, pada 7 September 2021 lalu.

"Siapa yg lagi bermasalah skin bariernya?? Pake 3 produk ini ya," keterangan dalam video tersebut, dikutip briliobeauty.net dari TikTok @kamilajaidi, Kamis (15/12).

Tips merawat wajah saat skin barrier rusak Berbagai sumber

foto: TikTok/@kamilajaidi

Tips merawat wajah ketika skin barrier rusak cukup simpel. Kamu hanya perlu menggunakan 3 produk skincare saja. Nah, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan wajah menggunakan facial wash. Kamu cukup bersihkan wajah sehari 2 kali saja.

Tips merawat wajah saat skin barrier rusak Berbagai sumber

foto: TikTok/@kamilajaidi

Tips berikutnya yaitu menggunakan pelembap dua kali dalam sehari. Pelembap ini sangat penting, pasalnya bisa meningkatkan kadar kelembapan dan menjaga stabilitas epidermis Maka dari itu, kondisi kulit kering dan skin barrier rusak dapat diperbaiki.

Tips merawat wajah saat skin barrier rusak Berbagai sumber

foto: TikTok/@kamilajaidi

Tips berikutnya yaitu menggunakan sunscreen dengan kandungan noncomedogenic. Kamu bisa menggunakan sunscreen pada pagi dan siang hari. Penggunaan sunscreen secara rutin ini bisa memperkuat skin barrier yang rusak.

Nah, itulah tips merawat wajah saat skin barrier rusak hanya dengan tiga produk skincare. Sementara itu, tips yang dibagikan oleh @kamilajaidi itu menarik perhatian netizen yang memiliki permasalahan wajah skin barrier.

"Dokk kalo skinbarier lg rusak, pake masker organic bole gaa?" tanya akun @pengenjaditanaman.

"Tidaak," jawab pemilik video.

"dok kalo pke masker wajah + sabun mandi doang ini bener ga sih dok untuk wajah ku yg jerawat," tanya akun @kutching8.

"Masker ga perlu," jawab @kamilajaidi.

@kamilajaidi Siapa yg lagi bermasalah skin bariernya?? Pake 3 produk ini ya #skinbarier #tipsbuatkamu #samasamabelajar #dokterkecantikan #skincare #hnhskincare JEREEE Remix - JEREEE

(brl/lin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES